Rayakan Hari Jadi Kabupaten Rayakan Hari Jadi, Pemkab Malang Gelar Pasar Murah di Tujuh Lokasi

Rayakan Hari Jadi Kabupaten Rayakan Hari Jadi,  Pemkab Malang Gelar Pasar Murah di Tujuh Lokasi

Plt. Bupati Malang buka gelar pasar murah untuk merayakan hari jadi Kabupaten Malang, di Lawang, Minggu (13/10)--malangkab.go.id

KEPANJEN, DISWAYMALANG.COM-- Masyarakat Desa Segaran, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang siap-siap untuk mendapatkan sembako dengan harga murah. Ini menyusul jadwal pasar murah yang diadakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Selasa (15/10) akan diadakan di Pendapa Desa Segaran.

Mengacu ke pasar murah yang telah digelar sebelumnya, yakni di Desa Kalirejo, Kecamatan Lawang pada Minggu (13/10), sembako yang  dijual dengan harga murah adalah beras, minyak goreng, gula pasir,kecap, gula aren, telur, daging ayam, ikan segar, olahan ikan. Pemkab Malang biasanya menggandeng mitra kerja dan binaan untuk menyediakan berbagai produk itu.  

Berdasarkan rilis dari Pemkab Malang, kegiatan pasar murah ini merupakan bagian dari perayaan hari jadi ke-1264 Kabupaten Malang. Sebagai pelaksana kegiatan pasar murah ini adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang. 

Selain di Sebaran, Kecamatan Gedangan dan Kalirejo, Kecamatan Lawang, pasar murah akan digelar di lima lokasi lain. Yaitu, di Pendapa Kecamatan Sumbermanjing Wetan  (17/10),  Lapangan Dawung Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo (22/10), Pasar Sentra Desa Sitirejo Kecamatan Wagir (26/10), Pendapa Desa Brongkal Kecamatan Pagelaran (28/10), dan  di Kantor Desa Rejoyoso Kecamatan Bantur (31/10).

Kendalikan Inflasi

Menurut Plt. Bupati Malang Drs. Didik Gatot Subroto,S.H.,M.H., aksi pasar murah ini digelar dengan beberapa misi. Antara lain untuk mengendalikan laju inflasi daerah dan menjaga keseimbangan demand dan supply serta stabilitas harga sembako. 

"Pasar murah juga merupakan wadah bagi UMKM setempat untuk memperkenalkan produknya," kata Plt. Bupati.  Hal ini, kata dia lagi,  sejalan dengan semangat menggelorakan ekonomi kerakyatan di wilayah Kabupaten Malang.

Plt. Bupati berharap, gebyar pasar murah ini dapat digunakan sebagai pemacu semangat bekerja lebih keras. Sekaligus, meningkatkan hubungan kerjasama antara Pemkab  Malang dengan stakeholder lainnya.

"Insya Allah, dengan sinergitas yang baik, perekonomian akan semakin berkembang, inflasi dapat ditekan, dan kesejahteraan masyarakat juga akan semakin meningkat," papar Plt. Bupati. 

Sementara itu, Kepala Disperindag Kabupaten Malang Drs. M.Nur Fuad Fauzi, MT. berharap, kegiatan pasar murah ini akan meningkatkan sinergitas sektor perdagangan dan industri dalam pertumbuhan ekonomi daerah.

"Ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Malang dalam menjaga perkembangan harga pasar agar tidak mengalami lonjakan harga dan stok barang kebutuhan pokok tetap terjaga," katanya. 

Selain itu, melalui gelar pasar murah, lanjut Nur Fuad Fauzi, Pemkab Malang juga terus melakukan  langkah-langkaj antisipatif terhadap kenaikan harga sembako.  Antara lain dengan melakukan monitoring terhadap kelancaran distribusi maupun penyaluran bahan kebutuhan pokok di wilayah Kabupaten Malang. (*)

Sumber: malangkab.go.id