Jumlah Pelanggan KA di Stasiun Malang Naik 8 Persen Selama Nataru 2024/2025
Kepadatan Penumpang Kereta Api yang akan berangkat dan turun di Stasiun Malang setelah masa akhir libur Nataru pada Senin (6/1)-Istimewa-
SURABAYA, DISWAYMALANG.ID--Libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) mencatat kenaikan jumlah pelanggan kereta api di Stasiun Malang sebesar 8 persen dibandingkan periode sebelumnya.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya melayani total 133.906 pelanggan selama masa angkutan Nataru yang berlangsung dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.
Dari jumlah tersebut, terdapat sebanyak 73.406 pelanggan berangkat dari Stasiun Malang, dan 60.500 pelanggan tiba di stasiun yang sama. Jumlah pelanggan yang berangkat dari stasiun ini, menurut data meningkat 5.325 pelanggan dibandingkan tahun 2023/2024 yang tercatat 68.081 orang.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengapresiasi kepercayaan masyarakat terhadap kereta api sebagai moda transportasi utama.
"KAI mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayakan kereta api dalam mendukung mobilitasnya selama masa Nataru 2024/2025," ungkap Luqman.
Area kereta api dipadati penumpang yang akan berangkat dari Stasiun Malang usai libur Nataru (mayoritas keluarga)-Istimewa-
Destinasi Favorit dan Kereta Pilihan
Selama masa libur Nataru, pelanggan Stasiun Malang paling banyak bepergian ke Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Banyuwangi. Tiga kereta api jarak jauh yang menjadi favorit adalah:
1. KA Jayabaya (Malang – Pasar Senen) dengan 13.129 pelanggan.
2. KA Malabar (Malang – Bandung) dengan 11.692 pelanggan.
3. KA Tawangalun (Malang Kotalama – Ketapang) dengan 9.919 pelanggan.
Selain itu, ia juga menambahkan bahwa pengoperasian kereta tambahan selama Nataru membantu menjaga kualitas layanan.
"Dengan dioperasikannya KA tambahan, KAI Daop 8 Surabaya tetap mampu menjaga kualitas pelayanan yang terus mengutamakan keselamatan, ketepatan waktu, dan kenyamanan," tambah Luqman.
Keberhasilan masa angkutan Nataru ini tak lepas dari kerja keras tim KAI Daop 8 Surabaya serta dukungan para stakeholder. Kolaborasi tersebut memungkinkan terciptanya pelayanan yang aman dan nyaman bagi seluruh pelanggan.
Komitmen untuk Masa Depan
Seiring berakhirnya masa angkutan Nataru 2024/2025, PT KAI Daop 8 Surabaya menyampaikan terima kasih kepada pelanggan atas kepercayaan yang terus diberikan.
Sumber: