Kampung Warna-Warni Jodipan, Berawal dari Praktikum Mahasiswa UMM Menjadi Destinasi Wisata Ikonik
Nabila Firdausiyah (tengah) dan tim Guys Pro bersama Jamroji, S.Sos., M.Comms serta dosen-dosen Komunikasi UMM lainnya -Istimewa-
BLIMBING, DISWAYMALANG.ID--Siapa yang menyangka bahwa sebuah perkampungan di bantaran Sungai Brantas, Kota Malang, bisa berubah menjadi destinasi wisata yang ikonik?
Kampung Warna-Warni Jodipan, yang kini menjadi daya tarik wisata lokal dan internasional ini berawal dari ide cemerlang mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Delapan tahun yang lalu, pada tahun 2016, mahasiswa Komunikasi UMM kelompok Guys Pro mengubah wajah kawasan kumuh di Kelurahan Jodipan menjadi perkampungan penuh warna.
Proyek ini, yang awalnya dirancang sebagai tugas praktikum Public Relations (PR), kini menjadi salah satu destinasi wisata yang sering disandingkan dengan kawasan Cinque Terre di Italia.
Nabila Firdausiyah, ketua tim proyek tersebut, kembali ke Komunikasi UMM untuk berbagi pengalaman inspiratifnya dalam Kuliah Tamu Public Relations bertajuk Unlocking Digital Strategies for Brand Growth di Gedung Creative Center (MCC), Blimbing, pada Jumat (10/1).
Nabila saat menjadi narasumber di Kuliah Tamu Public Relations bertajuk Unlocking Digital Strategies for Brand Growth di MCC, pada Jumat (10/1)-Istimewa-
"Kalau bukan karena praktikum, mungkin Kampung Warna-Warni Jodipan tidak akan pernah ada," ungkap Nabila, alumni UMM tahun 2017, saat mengingat kembali proyek besar yang pernah dikerjakannya bersama tim Guys Pro pada tahun 2016.
Awal Ide dan Transformasi
Di bawah arahan dosen praktikum PR, Jamroji, S.Sos., M.Comms, Nabila bersama timnya mengusulkan ide untuk merevitalisasi kawasan kumuh tersebut melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada PT Indiana, produsen cat ternama.
Awalnya, tujuan dari proyek ini adalah untuk meningkatkan kebersihan lingkungan. Namun, keindahan warna-warni cat yang digunakan segera menarik perhatian publik, membuat kampung ini viral di media sosial bahkan sebelum proyek selesai.
Popularitas Kampung Warna-Warni Jodipan melambung tinggi. Proyek ini tidak hanya menjadi perbincangan di Indonesia tetapi juga menarik perhatian internasional.
Tim Guys Pro diundang tampil dalam acara talkshow Kick Andy di Metro TV Jakarta, dan beberapa media luar negeri juga melakukan wawancara untuk mengupas kisah sukses mereka.
Dampak Proyek pada Karier dan Kolaborasi
Kesuksesan proyek ini membuka banyak peluang bagi Nabila. Tawaran kerja berdatangan, dan kini ia berkarier sebagai Assistant Brand Manager untuk brand kosmetik Implora.
Sumber: