Kampung Warna-Warni Jodipan, Berawal dari Praktikum Mahasiswa UMM Menjadi Destinasi Wisata Ikonik
Nabila Firdausiyah (tengah) dan tim Guys Pro bersama Jamroji, S.Sos., M.Comms serta dosen-dosen Komunikasi UMM lainnya -Istimewa-
Sebagai alumni yang tidak melupakan almamaternya, Nabila juga membawa Implora untuk menjalin kerja sama dengan Komunikasi UMM, membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk magang dan belajar langsung di dunia kerja.
Nabila juga menjelaskan bahwa berkuliah di komunikasi itu prospeknya luas dan fleksibel. Banyak keterampilan yang bisa diterapkan, seperti dari PR ke marketing.
“Buktinya, aku bisa masuk ke tim branding karena banyak skill yang transferable dari PR ke dunia marketing,” ungkapnya.
Dalam kesempatan tersebut, Nabila juga mendorong mahasiswa Komunikasi UMM untuk berani mengambil peluang.
"Percayalah, tidak ada yang tidak mungkin. Jangan puas hanya dengan apa yang ada di sekitar, cari ilmu sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber," pesannya.
Kolaborasi Positif antara Kampus dan Alumni
Sekretaris Program Studi Komunikasi UMM, Jamroji, S.Sos., M.Comms, mengungkapkan bahwa kerja sama dengan Implora adalah contoh nyata kolaborasi positif antara kampus dan alumninya.
"Sudah ratusan perusahaan yang menjadi mitra praktikum, baik untuk peminatan PR, jurnalistik, maupun audiovisual. Ini membuktikan bahwa Komunikasi UMM tidak hanya kuat di teori, tetapi juga dalam keterampilan dan jejaring yang dibutuhkan di dunia kerja," ujarnya.
Inspirasi untuk Generasi Muda
Kampung Warna-Warni Jodipan kini menjadi simbol kreativitas dan dedikasi mahasiswa. Transformasi kawasan ini tidak hanya mempercantik Kota Malang tetapi juga menjadi inspirasi bagi banyak pihak untuk terus berinovasi.
Keberhasilan proyek ini adalah bukti nyata bahwa ide kreatif yang dieksekusi dengan baik dapat membawa dampak besar, membuka peluang, dan menciptakan perubahan positif bagi sesama maupun lingkungan.
Sumber: