Libur Panjang Waisak 2025, Stasiun Malang Layani 7.734 Penumpang dalam Sehari
Suasana padat di peron Stasiun Malang saat libur panjang Waisak 2025. Ribuan penumpang memadati area keberangkatan dan kedatangan.--
MALANG, DISWAYMALANG.ID-- Libur panjang Hari Raya Waisak 2025 menjadi momen puncak mobilitas masyarakat. Termasuk di Stasiun Malang yang berada di bawah pengelolaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya.
Tercatat hingga Sabtu (10/5) pukul 10.00 WIB, sebanyak 7.734 penumpang telah menggunakan layanan kereta api dari dan menuju Stasiun Malang. Rinciannya, 3.559 penumpang berangkat dan 4.175 penumpang tiba di stasiun tersebut.
Jumlah ini masih bersifat sementara dan diperkirakan akan terus bertambah hingga keberangkatan KA jarak jauh terakhir pada malam hari.
Tujuan utama penumpang yang berangkat dari Stasiun Malang mencakup sejumlah kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Banyuwangi, dan Jember. Beberapa kereta api jarak jauh yang menjadi favorit masyarakat antara lain:
1. KA Matarmaja (Malang – Pasarsenen)
2. KA Jayabaya (Malang – Pasarsenen)
3. KA Majapahit (Malang – Pasarsenen)
4. KA Tawangalun (Malang – Banyuwangi)
5. KA Malabar (Malang – Bandung)
Peningkatan jumlah penumpang ini telah terlihat sejak Jumat (9/5), yang menjadi hari dengan jumlah keberangkatan tertinggi, yakni mencapai 4.020 penumpang.
Selama periode angkutan libur Waisak yang berlangsung selama enam hari (9–14 Mei 2025), KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan sebanyak 13 perjalanan KA jarak jauh setiap harinya dari Stasiun Malang. Jumlah ini terdiri atas 11 kereta reguler dan 2 kereta tambahan, dengan kapasitas mencapai 6.510 tempat duduk per hari.
Secara kumulatif, hingga 14 Mei 2025, total penumpang yang telah dilayani Stasiun Malang mencapai 34.713 orang. Dari jumlah tersebut, 17.493 penumpang tercatat berangkat dan 17.220 penumpang tiba. Angka ini masih mungkin meningkat mengingat masa libur yang masih berlangsung dan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap moda transportasi kereta api.
Menanggapi tingginya minat masyarakat, KAI Daop 8 Surabaya mengingatkan pelanggan untuk selalu memastikan keakuratan data identitas saat memesan tiket serta mencermati jadwal dan relasi perjalanan yang dipilih guna menghindari kesalahan dalam pemesanan.
"Minat masyarakat terhadap perjalanan kereta api sangat tinggi di masa libur seperti ini. Kami mengimbau agar pelanggan memastikan data yang dimasukkan saat pemesanan benar dan sesuai agar tidak mengalami kendala." ujar Luqman Arif, Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya.
Sumber:
