Pelayanan Administrasi FIP UM yang Responsif Dukung Kelancaran Sidang Skripsi Mahasiswa
Lidiya Harini Mahasiswa PG-PAUD UM membagikan pengalamannya selama mengurus proses administrasi sebelum sidang skripsi-Istimewa-um.ac.id
MALANG, DISWAYMALANG.ID –Ini testimoni dari Lidiya Harini soal pengurusan berkas di Subag Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM). Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) FIP UM, membagikan pengalamannya saat mengurus administrasi menjelang sidang skripsi.
Ia mengungkapkan kepuasannya terhadap layanan yang diberikan. “Alhamdulillah, pengurusan administrasi sebelum sidang berjalan lancar, respons cepat, dan tidak ada kendala sama sekali,” ujarnya, seperti dirilis Humas UM pada Rabu (12/3).
Selain itu, Lidiya juga menyampaikan kenyamanannya dalam mengurus administrasi langsung di fakultas. “Menurut saya, lebih nyaman mengurus langsung ke fakultas. Selain lebih cepat selesai, juga bisa langsung sesuai kebutuhan,” tambahnya.
Kualitas pelayanan publik di FIP UM pun mendapat apresiasi dari mahasiswa. Lidiya berharap agar layanan yang telah baik ini dapat terus ditingkatkan. “Sejauh ini tidak ada kendala. Harapannya, fakultas bisa terus meningkatkan pelayanan agar semakin optimal,” imbuhnya.
Kualitas Layanan Akademik
Testimoni Lidya Harini ini mencerminkan komitmen FIP UM dalam mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), guna meningkatkan kualitas layanan akademik.
Hal ini berangkat dari kesadaran, bahwa skripsi menjadi salah satu tahapan krusial dalam perjalanan akademik mahasiswa. Sebelum mencapai tahap ini, mahasiswa harus menyelesaikan berbagai proses administrasi, termasuk Pelayanan yang cepat dan optimal dari tim akademik fakultas menjadi faktor penentu kelancaran proses ini.
Sebagai bentuk transparansi, FIP UM menyediakan informasi lengkap mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk berbagai keperluan mahasiswa, seperti cek plagiasi, pendaftaran ujian akhir, validasi surat keterangan, hingga pendaftaran yudisium dan wisuda. Seluruh informasi ini dapat diakses melalui laman resmi fakultas atau program studi masing-masing, sehingga mahasiswa dapat memperoleh panduan yang jelas dan akurat.
Komitmen FIP UM dalam memberikan layanan terbaik turut mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya pada tujuan ke-4, yakni memastikan pendidikan berkualitas yang inklusif dan merata serta mendukung pembelajaran sepanjang hayat. Dengan pelayanan yang responsif dan transparan, FIP UM terus berkontribusi dalam membantu mahasiswa mencapai prestasi akademik terbaiknya. (*)
Sumber: um.ac.id
