UM Rayakan Dies Natalis ke-70 dengan Beragam Pameran, Salah Satunya Pameran Internasional

UM Rayakan Dies Natalis ke-70 dengan Beragam Pameran, Salah Satunya Pameran Internasional

Berbagai Pameran Karya Seni di Gedung Graha Cakrawala--

SUMBERSARI, DISWAYMALANG.COM-- Beragam pameran diadakan oleh  Universitas Negeri Malang (UM) untuk perayaan Dies Natalis yang ke-70. Ada setidaknya empat jenis pameran, yang semuanya digelar di Graha Cakrawala, Kampus UM, Sumbersari, Kota Malang, mulai Rabu (9/10) ini. Namun, tidak semua pameran berakhir pada tanggal yang sama. Ada yang hanya dua hari, ada yang hampir satu minggu penyelenggaraannya. 

Meski beragam jenisnya, hampir semua pameran  menampilkan inovasi dan kreativitas dari berbagai fakultas. Pameran Pendidikan yang berlangsung selama 9-14 Oktober 2024 menjadi ajang bagi setiap fakultas untuk memamerkan program studi, hasil penelitian, serta inovasi terbaru yang telah mereka capai.

Sementara, Pameran Kewirausahaan diisi berbagai booth makanan yang dikelola langsung oleh mahasiswa UM menyajikan beragam kuliner menarik. Hal ini tidak hanya menjadi ajang promosi bagi para mahasiswa, tetapi juga memberikan pengalaman berwirausaha yang nyata.


Dies Natalis ke-70 dengan Segudang Pameran--

Bagi para pecinta seni, Pameran Seni yang menyajikan berbagai lukisan dan kerajinan tangan yang indah hasil karya dari para mahasiswa dan dosen UM yang memiliki bakat di bidang seni. Semua karya seni yang dipamerkan tergolong indah dan atraktif, sehingga juga ramai dikunjungi. 


Beberapa stand dari kampus luar negeri di higher expo --

Satu-satunya pameran yang tidak menampilkan karya dan inovasi dosen dan mahasiswa UM adalah Higher Education Expo. Ini adalah pameran pendidikan internasional yang juga diikuti sebelas perguruan tinggi luar negeri.  Berlangsung pada 9-10 Oktober 2024, ekspo ini menjadi kesempatan emas bagi mahasiwa UM maupun masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai program studi di berbagai universitas, baik di dalam maupun luar negeri. 

Cakra Sapti Semesta

Empat pameran di atas merupakan bagian dari serangkaian kegiatan perayaan Dies Natalis ke-70 UM  sekaligus lustrum UM ke XIV ini, yang diberi tajuk Cakra Sapti Semesta. Selain pameran, juga ada diseminasi 70 doktor dan 14 guru besar UM baru; gerakan alumni mengajar; orasi ilmiah, dan pentas sendratari yang melibatkan pimpinan UM, dosen, karyawan dan mahasiswa. Juga ada seminar, olimpiade sains nasional untuk SMA/SMK sederajat,   kompetisi olahraga dan berbagai lomba, baik untuk internal maupun eksternal kampus.


Nurenzia Yanuar, S.S., M.A., Ph.D., --

Pada Rabu (9/10),  selain pameran, juga digelar talk show bersama praktisi pendidikan.  Pada hari pertama, Nurenzia Yannuar. S.S., M.A., Ph.D., seorang dosen bahasa Inggris sekaligus Kepala UPT Perpustakaan UM, berbagi tips dan strategi lolos beasiswa S2 dan S3 baik di dalam maupun luar negeri.

Rektor UM Prof. Dr. Hariyono, M.Pd dalam sambutan pembukaan, mengatakan peringatan lustrum ke XIV UM ini  tidak hanya untuk  merayakan tidak hanya pencapaian dan prestasi. Tetapi juga merenungkan nilai-nilai yang telah mengilhami perjalanan panjang selama 70 tahun sebagai sebuah institusi.

"Tema yang kita pilih tahun ini adalah ‘Sehat Bahagia, Prestasi Mendunia’. Tema ini menjadi landasan bagi seluruh sivitas akademika UM, untuk terus berjuang menuju kesejahteraan bersama dan pencapaian gemilang di kancah internasional." kata Rektor. (*)

 

Sumber: