Pameran di MCC, Mahasiswa UM Tampilkan Cita Rasa Lokal Bernilai Internasional

Pameran di MCC, Mahasiswa UM Tampilkan Cita Rasa Lokal Bernilai Internasional

--

LOWOKWARU, DISWAYMALANG.COM--  Apa saja cita rasa lokal yang sudah dikenal secara global di kancah internasional? Itulah yang ingin ditampilkan oleh mahasiswa Himpunan Mahasiswa Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (FIS UM) saat menggelar event Gelar Karya Internasional di Gedung Malang Creative Center (MCC) di Jalan Achmad Yani, Blimbing, Kota Malang, mulai 15-17 Oktober 2024.

Event ini mengangkat tema  Local Vibes, Global Appreciation.” Tujuannya, untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya sejarah lokal di kancah internasional melalui pelestarian dan pembelajaran berbagai bentuk karya kreatif dan inovasi lokal yang diakui di kancah internasional.

Bentuknya, melalui workshop, pameran dan juga kompetisi karya kreatif dan inovatif bercitarasa lokal namun potensi untuk diakui secara global.

Untuk pameran, dilangsungkan dua hari, 16-17 Oktober 2024 dan menyajikan beragam karya menarik. Mulai dari lukisan, maket bangunan, buku cetak, diorama, hingga poster. Setiap karya yang dipamerkan memiliki cerita dan makna sejarah yang mendalam, sehingga pengunjung dapat langsung menyelami kekayaan sejarah dan budaya lokal.

Alvina Nurohmah salah satu panitia, mengatakan Gelar Karya Internasional ini dimaksudkan untuk  mengajak masyarakat, khususnya generasi muda, untuk lebih peduli terhadap sejarah. “Dengan menyajikan sejarah dalam bentuk yang menarik dan interaktif, diharapkan pengetahuan tentang sejarah dapat lebih mudah diakses dan dipahami," ujar Alvina.

Salah satu daya tarik utama dari Gelar Karya Internasional 2024 adalah keberagaman karya yang dipamerkan. Berbagai maket bangunan dan diorama menghiasi dinding ruangan.


Gelar Karya Internasional 2024--

Kompetisi

Selain sebagai wadah untuk memamerkan karya, Gelar Karya Internasional 2024 juga menjadi ajang kompetisi bagi mahasiswa dan masyarakat umum. Karya-karya terbaik akan mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari dewan juri yang terdiri dari para ahli di bidang sejarah dan seni. Sub tema dalam lomba yang dikategorikan yakni tempat sejarah lokal, biografi tokoh, hidangan khas daerah, dan seni budaya lokal.

Berikut daftar pemenang, berdasarkan katagori:

Kategori Maket:

1. Fadhillah Irgi

2. Dila Putri

3. Aprelia Amanda

Kategori Lukisan:

1. Adiwarna

2. Mentarimaru Team

3. Fariqah Nadzirah

Kategori Photo Essay:

1. Annisa Annida Nasution

2. Muhammad Mihasa Afphol

3. Ran Women

4. Anas Priyananda Ramadhani

5. Chintya Nur Laila

6. Nabila Nur Laila

7. Nurul Aini Rahmawati

8. Erza Abianza

9. Winda

10. Firda Dwi Ayunengtyas

11. Ahmad Rofi Uddin

12. Laila Nur Faizah

13. Ikhsan Maulana

14. Rizky Brata Pradana

15. Muh Habib Al Anshori

16. Resi Puji Hardianti

17. Agnes Cahya Rahajeng

18. Jihan Amelia

19. Muhafid

20. Mochammad Saddam Agta Donggo

21. Najwa Afziansa Al Innova

22. Akbar Firmansyah

23. Chris Andika Dimas Ardian. (*)

 

 

Sumber: