Ini Dia Tips Lolos Beasiswa S2 dan S3, Diawali Surat yang Menarik

Ini Dia Tips Lolos Beasiswa S2 dan S3, Diawali Surat yang Menarik

Nurenzia Yanuar, S.S., M.A., Ph.D., --

KLOJEN , DISWAYMALANG.COM-  Inilah beberapa tips penting untuk bisa lolos ujian seleksi sekaligus dapat beasiswa masuk jenjang S-2 dan S-3. Tips ini dibagikan narasumber inspiratif, Nurenzia Yannuar, S.S., M.A., Ph.D..

Tips dari  dosen sastra Inggris UM  sekaligus Kepala UPT Perpustakaan UM itu dibagikan dalam talk show scholarship coaching sebagai bagian dari rangkaian perayaan Dies Natalis ke-70 Universitas Negeri Malang (UM), di Graha Cakrawala, Kampus UM, Sumbersari, Rabu (9/10). Dies Natalis ke-70 sekaligus Lustrum ke XIV UM, seperti diberitakan, diisi dengan banyak kegiatan.

BACA JUGA:UM Rayakan Dies Natalis ke-70 dengan Beragam Pameran, Salah Satunya Pameran Internasional

Nurenzia menyusun tips berdasarkan pengalamannya dalam meraih berbagai beasiswa bergengsi seperti Singapore International Foundation Fellowship 2003, Fulbright Scholarship 2028, Stephen Wurm Scholarship from ANU. Juga beasiswa di Leiden-DIKTI Scholarship 2014 (BPPLN).

Inilah beberapa tips itu. 

1. Menulis motivation letter bagus

Menurut Nurenzia salah satu tips penting dan harus dilakukan di awal adalah bisa menulis motivation letter yang efektif. Ini adalah surat awal semacam surat lamaran untuk.memperoleh bea siswa.  Mahasiswa yang ingin dapat beasiswa harus mampumemahami diri sendiri dengan Identifikasi minat, bakat, dan tujuan karir. Lalu dilengkapi dengan paparan berupa alasan yang kuat mengapa layak mendapatkan beasiswa.

2. Mempersiapkan dokumen dengan baik

Pastikan semua dokumen lengkap dan memenuhi persyaratan. Pahami dengan benar persyaratan yang diminta, tuangkan penalaran terhadap persyaratan ini dalam Motivation Letter. 

Persyaratan yang biasanya diperlukan adalah surat penerimaan di perguruan tinggi, transkrip nilai, surat rekomendasi, dan dokumen pendukung lainnya.

3. Menjabarkan keunggulan

Jabarkan keunggulan-keunggulan Anda tanpa ada kesan menyombong. cara: fokus pada fakta. Jelaskan dengan detail dan spesifik kualitas diri. Jangan pernah berbohong. Buatlah seperti cerita yang mengalir dan lakukan riset terkait bidang Anda

Banyak Manfaat

Menurut Nurenzia, studi lanjut dan beasiswa memiliki banyak manfaat. Baik bagi individu maupun lembaga.

Sumber: