Total 600 Peserta Ikuti UMM Autism Summit di Malang, Ada Penampilan Khusus ABK Bali

Total 600 Peserta Ikuti UMM Autism Summit di Malang, Ada Penampilan Khusus ABK Bali

Lima pembicara yang akan tampil dalam konferensi tentang psikologi terapan bagi manusia, ICAP-H di UMM Autism Summit 2024--Fapsi UMM

LOWOKWARU, DISWAYMALANG.COM-- UMM Autism Summit 2024 benar-benar akan jadi konferensi yang bukan saja level internasional tapi juga berskala akbar. Tercatat, tidak kurang dari  600 peserta sudah mendaftar pada event yang diselenggarakan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (Fapsi UMM) ini. Mereka berasal dari berbagai kalangan dan ada juga yang dari luar negeri. 

Para peserta itu akan bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan  UMM Autism Summit 2024 akan berlangsung pada 3-5 October 2024 di beberapa lokasi di Gedung Kuliah Bersama (GKB) 4 Kampus UMM Jalan Raya Tlogomas, Lowokwaru, Kota Malang. Kecuali, bazar yang akan digelar di area parkir antara GKB 3-GKB 4, dan pembukaan yang akan dilakukan di Basement Dome, Kampus UMM. 

Berdasarkan rilis dari panitia, kegiatan akbar tentang autisme dan anak berkebutuhan khusus (ABK) ini akan diawali dengan pembukaan pada Kamis (3/10) pagi di Basement Dome. Pj Wali Kota Malang dijadwalkan akan hadir pada pembukaan bersama Sekretaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pusat, didampingi tuan rumah Rektor UMM dan Dekan Fapsi UMM

Sebelum masuk ke acara keynote speechs dari tiga pakar --dua dari Indonesia, yaitu Dra. Rachmi Aida, M.Pd dari Pengurus Wilayah Aisyiyah Jawa Timur dan Dr. Sulistyo Mulyo Agustini dari Rumah Sakit UMM, dan satu dari luar negeri, yaitu Dr Eunice Tan dari Singapore University)-- akan ada talent show atau pertunjukan bakat dari ABK. Menurut info dari panitia, ada ABK dari Bali yang akan ikut tampil dalam talent show.

Seperti diberitakan sebelumnya, UMM Autism Summit 2024 akan menggelar beberapa jenis kegiatan. Selain konferensi atau seminar internasional yang merupakan agenda utama dengan pembicara lima pakar dan akademisi dari dalam dan luar negeri, juga ada kegiatan talk show, workshop, talent show, bazar dan ekspo. Semula, panitia penyelenggara menetapkan kuota 500 peserta. Namun, karena peminat tetap banyak saat pendaftaran sudah mencapai kuota tersebut, panitia menambah seratus kuota lagi hingga terpenuhi 600 peserta. 

BACA JUGA:Peminat Membludak, Kuota Peserta UMM Autism Summit 2024 Ditambah


Kampus UMM di Tlogomas, Kota Malang, lokasi penyelenggaraan UMM Autism Summit 2024--UMM

Bersamaan di Banyak Tempat

Setelah pembukaan, pada hari pertama UMM Autism Summit 2024 mulaiKamis (3/10) siang, akan digelar beberapa agenda sekaligus di beberapa tempat. Yakni, talk show yang akan digelar di Basement Dome, workshop tematik dan ekspo pusat terapi di Ruang Kelas Lantai 4 GKB 4, serta seminar atau konferensi internasional tentang psikologi terapan bagi manusia (International Conference of Applied Technology on Humanity/ICAP-H). 

Untuk talk show pada hari pertama itu, akan tampil tiga nara sumber. Yaitu, Dr. Cahyaningsih Suryaningrum (Dosen Fapsi UMM), Nina Rukmina Dewi (orangtua autistik dan konselor), dan Bayu Dwito Wicaksono (Asisten Komunikasi Digital United Nations Information Center yang juga seorang austime dewasa). 

Untuk workshop tematik, pada hari pertama akan digelar 12 tema di empat ruang berbeda di GKB 4 UMM, dalam tiga sesi. Para peserta bisa memilih tema yang sesuai kebutuhannya. Sedangkan untuk ekspo atau demo rumah terapi, pada hari pertama Kamis itu, akan tampil tiga pusat terapi, dalam enam sesi, mulai siang sampai sore. Masing-masing pusat terapi, yaitu Rumah Tabinda, Malang Austism Center dan Pusat Layanan Tumbuh Kembang dan ABK UMM, akan tampil dua kali. 

Lalu untuk konferensi atau ICAP-H, pada hari pertama Kamis (3/10) itu akan tampil dua pembicara dari luar negeri. Yaitu, Assc. Prof. Vitor Franco, Ph.D. dari Portugal, dan Dr. Giulia Pavon (Italia). 

Satu kegiatan lagi yaitu bazar, akan digelar di area parkir  GKB 3 dan 4, setiap hari, mulai pukul 08.30-15.00 WIB. (*)

Sumber: umm