1 tahun disway

Indonesia Jadi Negara dengan Pendengar Podcast Terbanyak di Dunia, Gen Z Dominasi Genre Inspiratif dan Edukati

Indonesia Jadi Negara dengan Pendengar Podcast Terbanyak di Dunia, Gen Z Dominasi Genre Inspiratif dan Edukati

Ilustrasi podcast--iStockphoto

MALANG, DISWAYMALANG.ID-- Popularitas podcast di Indonesia menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. 

Tidak hanya sekadar tren, podcast kini telah menjadi bagian dari gaya hidup digital, terutama di kalangan Gen Z. 

Berbeda dari radio konvensional, podcast menawarkan fleksibilitas karena bisa didengarkan kapan saja, sesuai kebutuhan dan waktu luang pendengar.

Menurut laporan terbaru dari We Are Social per Februari 2025, Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara dengan proporsi pendengar podcast tertinggi di dunia. 

Sebanyak 42,6 persen pengguna internet berusia di atas 16 tahun rutin mendengarkan podcast setiap minggu. Angka ini jauh di atas rata-rata global yang hanya berada di kisaran 22,1 persen.

Selain itu, data juga menunjukkan bahwa rata-rata durasi mendengarkan podcast harian di Indonesia mencapai 1 jam 4 menit. 

Ini menjadikan Indonesia sebagai negara kesembilan dengan durasi mendengarkan tertinggi di dunia. 

Durasi ini bahkan melebihi rerata global yang hanya 52 menit per hari.

BACA JUGA:Kiper Timnas Emil Audero Pakai Jimat dari Lombok: Saya Lahir di Sini, Bangga Main di Indonesia

Genre Podcast Favorit Gen Z Indonesia 2025

Hasil survei IDN Research Institute menunjukkan bahwa Gen Z Indonesia memiliki preferensi kuat terhadap genre-genre yang bersifat membangun dan menghibur. 

Genre motivasi dan inspirasi menempati posisi teratas dengan 64 persen responden memilihnya sebagai favorit. 

Disusul oleh komedi (62 persen) dan pengembangan diri (60 persen) sebagai pilihan utama lainnya.

Genre kesehatan dan gaya hidup (59 persen), edukasi (58 persen), serta horor dan misteri (57 persen) juga mendapat perhatian besar. Sementara itu, genre seperti agama (42 persen), keluarga & percintaan (39 persen), dan politik, dam berita (38 persen) berada di peringkat terbawah, menandakan minat Gen Z terhadap topik-topik ringan namun relevan dengan keseharian mereka.

Kebiasaan mendengarkan podcast di kalangan Gen Z juga menarik untuk dicermati. 

Sumber: we are social