Cara Unik Pj Wali Kota Batu Hargai Guru Berprestasi: Beri Bantuan Gigi Palsu

Cara Unik Pj Wali Kota Batu Hargai Guru Berprestasi: Beri Bantuan Gigi Palsu

Pj Wali Kota Batu saat memberikan bantuan gigi palsu kepada Sugiat--Pemkot Batu

BUMIAJI, DISWAY MALANG.COM-- Ini contoh pemimpin yang memperhatikan segala sesuatu hingga ke hal yang detil. Yakni, yang dilakukan oleh Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai. Ingin memberi penghargaan untuk salah guru berprestasi di Kota Batu, Pj Wali Kota memberi bantuan yang tidak biasa: gigi palsu. 

Mengapa gigi palsu? Rupanya, itulah yang memang sangat dibutuhkan saat ini oleh Sugiat, guru berprestasi Kota Batu yang diberi hadiah itu. Guru yang sehari-hari mengajar di SDN Sumbergondo 2, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini memang mengalami masalah dengan giginya. Masalah itu sudah dirasakan beberapa lama, dan sempat membuatnya kurang nyaman, termasuk saat menjalankan tugas sebagai guru. 

Itu sebabnya, akhir pekan lalu, Minggu, 8 September 2024, Sugiat sangat senang sekali. Yakni, saat sekolahnya dikunjungi Pj Wali Kota Batu. Awalnya, Sugiat dan juga para guru di SDN Sumbergondo 2 senang dan bahagia, karena dikunjungi oleh orang nomor satu di Kota Batu itu, pada saat ini. Namun, kebahagian itu bertambah bagi Sugiat, saat Pj Wali Kota Batu secara khusus memberi penghargaan  untuk dia. 

Terlebih, setelah tahu wujud penghargaan itu  adalah gigi palsu. Sugiat pun menerimanya  dengan rasa haru dan bahagia.  "Bantuan gigi palsu ini sangat berarti bagi saya. Sekarang saya bisa mengajar dengan lebih percaya diri dan jelas," kata Sugiat penuh syukur. 

Dia mengaku, karena masalah gigi itu, sempat ada rasa kurang percaya diri saat harus mengajar. Namun, didorong oleh rasa tanggung jawab harus menjalankan kewajibannya, guru berusia 39 tahun itu pun  tetap mengajar, secara rutin. 

Bahkan, bukan hanya itu. Pada tujuh tahun terakhir ini, dia bersama guru-guru SDN Sumbergondo 2 lainnya, banyak melakukan kegiatan dan program tambahan yang bermanfaaat, baik bagi lingkungan SDN Sumbergondo 2, maupun lingkungan sekitarnya. Antara lain,  program gemar makan sayur, makan minum jamu, gemar makan ikan dan gemar menanam sayur. Selain itu, Sugiat dan rekan-rekannya juga aktif dalam melakukan kegiatan sosial, untuk masyarakat sekitar Antara lain, ikut program literasi masyarakat dan pemberdayaan masyarakat sekitar. 

Berkat program dan kegiatan-kegiatan tersebut, SDN Sumbergondo 2 meraih penghargaan tingkat nasional, yaitu Program Adiwiyata Nasional pada tahun 2023. Sekolah yang terletak di lereng Gunung Arjuno itu pun menjadi salah satu sekolah penggerak di Kota Batu.


Pj Wali Kota bersama guru-guru dan siswa SDN Sumbergondo 2, Bumiaji, Kota Batu--Pemkot Batu

Itu pula lah yang menjadi pertimbangan Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menyiapkan  kejutan yang ternyata sangat berarti bagi Sugiat. Menurut Aries, penghargaan  itu merupakan wujud kepedulian pemerintah Kota Batu terhadap guru. 

"Bapak Sugiat adalah contoh guru inspiratif. Dedikasi dan semangat juangnya dalam mendidik anak-anak patut kita contoh. Semoga bantuan ini dapat meningkatkan kualitas hidupnya dan memberikan semangat baru dalam menjalankan tugasnya," kata Pj. Wali Kota. (*)

Sumber: