Kota Batu Ultah, Pagi Upacara, Malam Resepsi Lanjut Wayangan Berhadiah Sepeda

Kota Batu Ultah, Pagi Upacara, Malam Resepsi Lanjut Wayangan Berhadiah Sepeda

--fb dispar kota batu

KOTA BATU, DISWAYMALANG.COM-- Selamat Hari Jadi ke-23 Kota Batu. Kamis (17/10) hari ini Kota Batu pas berusia 23 tahun. Penanda hari jadi adalah saat secara resmi Batu ditetapkan menjadi kota otonom dan tidak lagi merupakan bagian dari Kabupaten Malang, pada tanggal 17 Oktober 2001. 

Tepat pada hari jadi ini, pada Kamis (17/10) pagi ini diadakan upacara peringatan hari jadi ke-23 Kota Batu di Stadion Gelora Brantas. Tidak hanya para pejabat dan tokoh masyarakat, masyarakat Kota Batu juga diundang untuk hadir dalam upacaya yang akan dipimpin oleh Pj. Wali Kota Batu Aries Agung Paewai ini.

Lalu, malam hari ini, mulai pukul 18.00 WIB akan diadakan resepsi perayaan hari jadi di Balai Kota Among Tani, Kota Batu. Dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit dengan lakon Arjuna Wiwaha.

Dalang Ki Purbo Asmoro yang akan memimpin pagelaran wayang kulit yang terbuka untuk umum itu. Dia akan ditemani bintang tamu Cak Yudo Cs dan Lala Atila.

Untuk masyarakat yang mau menyaksikan pagelaran wayang kulit itu, Pemerintah Kota Batu menyediakan berbagai hadiah dan doorprize menarik. Namun yang perlu diperhatikan berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, Kota Batu diperkirakan akan cukup dingin pada malam hari, dengan suhu antara 15-16 derajat Celcius. Karena itu, harap dipersiapkan baju hangat atau pelindung dari hawa dingin lainnya. 

BACA JUGA:Batu Hari Ini, Diperkirakan Cerah Berawan, Perbedaan Suhu Ekstrim 

Ngaji dan Seribu Rebana

Pada satu hari sebelumnya, yakni Rabu (16/10) , rangkaian hari jadi ke-23 Kota Batu juga diisi dengan kegiatan Ngaji Bareng dan Atraksi 1.000 Rebana di Balai Kota Among Tani, Kota Batu. Untuk peserta ngaji bareng adalah siswi-siswa SMP dan siswi-siswa SMA/SMK, masing-masing 500 orang. Pagi itu mereka bersama-sama membaca Al Qur'an 30 juz hingga katam. 


Siswi siswa SMP dan SMA/SMK di Kota Batu ngaji bareng di halaman Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Rabu (16/10)--ig: pemkotbatu_official

Sedangkan atraksi rebana dimainkan oleh seribu siswa SD. Atraksi rebana ini diberi tajuk seribu rebana Cinta Rasul karena yang dimainkan adalah lagu-lagu salawatan.  


Seribu siswa SD di Kota Batu kompak main rebana CInta Rasul di halaman Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Rabu (16/10)--ig: pemkotbatu_official

Sebelum rangkaian acara pada 16-17 Oktober ini (yakni Ngaji Bareng dan 1.000 Rebana Cinta Rasul, upacara peringatan hari jadi dan resepsi serta wayangan nanti malam), juga telah dilakukan serangkaian kegiatan perayaan hari jadi ke-23 Kota Batu. Antara lain pagelaran budaya Padang Bulan dan Fashion on The River pada September 2023, lalu Batu Shining Orchid Week dan ATV Carnival baru-baru ini. 

BACA JUGA:Anak Sekolah Ikut Unjuk Gigi Meriahkan Hari Jadi Kota Batu lewat School in Attack!

BACA JUGA:Pekan Anggrek Batu 2024 Dimulai, Peserta Tahun Ini Bertambah, Balai Kota Among Tani Full Anggrek

Sumber: ig pemkot batu official