Ngalam Heritage Run 2024 Segera Tiba. Yuk Penggemar Lari di Malang Siap-Siap

Ngalam Heritage Run 2024 Segera Tiba. Yuk Penggemar Lari di Malang Siap-Siap

--ig disporaparkotamalang

KOTA MALANG, DISWAYMALANG.COM--  Pagi-pagi ini mau lari-lari?Boleh saja sih, kalau masih cukup waktu, sebelum ke kuliah, ke kantor, atau beraktivitas lain. Lebih-lebih, untuk yang sudah berniat ikut event Ngalam Heritage Run 2024

Meski event lari tahunan ini untuk tahun ini masih digelar sekitar 1,5 bulan lagi dari tanggal sekarang ini --Selasa, 1 Oktober 2024-- tidak ada salahnya bersiap dari awal. Ya, sesuai info dari Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Malang (Disporapar), Ngalam Heritage Run 2024 akan digelar pada 17 November 2024.

Namun, pendaftaran event lari dengan rute sejauh 10 kilometer ini sudah mulai dibuka. Para penggemar lari dari Malang atau dari mana saja bisa mendaftar antara lain melalui  akun instragram Disporapar Kota Malang di @disporaparkotamalang. 

Bagi yang sudah mendaftar, atau masih ancang-ancang mau mendaftar,  tidak ada salahnya melakukan pesiapan dari sekarang.  Lebih-lebih, bagi yang baru kali pertama ikut lomba lari semacam ini.

Apa saja sih persiapan yang harus dilakukan untuk ikut lomba lari seperti Ngalam Heritage Run ini? Berikut info tentang beberapa persiapan untuk ikut lomba lari, termasuk apa yang sebaiknya dilakukan saat lomba mulai berlangsung. 


1. Memilih sepatu yang nyaman 

Sepatu untuk berlari tidak hanya sekedar untuk bergaya namun sepatu lari memang didesain agar pelari bisa berlari dengan nyaman. Sepatu lari juga dapat mencegah kaki cedera atau keseleo karena bantalan sepatu serta material khususnya. 

2. Atur rencana latihan lari 

Pelari pemula disarankan untuk memulai lari ringan terlebih dahulu. Dengan berlari minimal 3 sampai 4 kali dalam seminggu atau 1 sampai 2 Kali dalam seminggu dengan durasi 10-15 menit. Jika sudah bisa berlari secara rutin, tingkatan durasi latihan secara bertahap. 

3. Pahami kondisi tubuh

Pahami kondisi tubuh dengan tepat. Bila tubuh Masih tidak siap untuk berlari, coba untuk berjalan terlebih dahulu. Lalu bisa bertahap dengan diselingi berlari dan berjalan. Pastikan untuk segera berhenti bila tubuh merasakan sakit. 

4. Lakukan pemanasan sebelum berlari 

Lakukan beberapa peregangan dan latihan aerobik selama 5-15 menit sebelum berlari. Tidak perlu melakukan peregangan berlebih atau Gerakan aerobik yang membuat lelah, cukup dengan gerakan mudah untuk melakukan pemanasan otot. 

Sumber: