Ngopi Pagi atau Malam? Waktu Bebas Milih, tapi Untuk Tempat, Ini Sembilan Tempat Ngopi Pilihan di Malang

Ngopi Pagi atau Malam? Waktu Bebas Milih, tapi Untuk Tempat, Ini Sembilan Tempat  Ngopi Pilihan di Malang

Barista Kopi Klodjen Djaja 1956 sedang meracik kopi-agung pam/disway malang-

Toko Kopi Kongca mengusung tema Kopitiam ala Singapura. Disain  interiornya menggunakan keramik putih dengan menampilkan foto-foto bangunan tempo dulu.  Toko Kopi Kongca menggunakan kombinasi kopi arabica dan robusta. Biji kopi robusta nya berasal dari Kelurahan Dampit, Malang. Menu khas nya adalah Kopi hitam klasik dan kopi susu klasik. Kisaran harga menu di kedai ini lumayan terjangkau mulai dari Rp. 7.000 hingga Rp. 19.000 saja. Toko Kopi Kongca buka setiap hari mulai dari pukul 7.00 hingga 22.00. 

4. Amstirdam Coffee

Toko Kopi Amstirdam mengenakan cita rasa kopi khas Malang. Singkatan Amstirdam sendiri yaitu Ampel Gading, Sumbermanjing, Tirtoyudo, dan Dampit yang merupakan 4 kecamatan di Kabupaten Malang penghasil kopi. Letak Amstirdam Coffee ini berada di Ruko Soekarno Hatta Jl. Soekarno Hatta no.D18, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang. Kedai kopi ini menyediakan banyak menu kopi salah satu kopi andalannya adalah Kopi Sejuk. Kisaran harga nya pun terjangkau mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 90.000 pengunjung bisa mendapat kemasan 1 liter kopi maupun non kopi. Amstirdam buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga pukul 22.00. 

5. Golden Heritage Koffie 

Golden Heritage Koffie menyajikan berbagai macam dari kopi lokal hingga kopi ekspor. Kafe ini dikenal dengan citarasa kopi ekspornya no.1 di Kota Malang. Varian kopi nya seperti cappuccino, espresso, americano, robusta, toraja kalosi, Flores bajawa, sumatera lintong, aceh gayo, kopi luwak, dan masih banyak lagi. Kisaran harga nya mulai dari Rp. 25.000 hingga Rp. 60.000. Golden Heritage Koffie terletak di Jl. Raya Tidar no.36, Karangbesuki, Kec. Sukun, Kota Malang. 

6. Kopi Lesgo

Kedai kopi yang satu ini hanya buka di pagi hari saja setiap pukul 06.00 hingga pukul 10.00. Racikan Kopi Lesgo mempunyai cita rasa kopi yang tidak terlalu kuat sehingga cocok untuk diminum di pagi hari. Meraciknya mirip seperti meracik teh tarik sehingga kopi nya lebih terasa creamy. Kisaran harga kopi nya lumayan terjangkau mulai dari Rp. 6.000 hingga Rp. 8.000 saja. Selain kopi, di sini juga ada beberapa varian teh dengan kisaran harga mulai dari Rp. 12.000 hingga Rp. 15.000. Letak Kopi Lesgo ini berada di  Jl. MGR Sugiyopranoto, Kidul, Kec. Klojen, Kota Malang. 

7. Kopi Hamur Mbah Ndut

Kopi Hamur Mbah Ndut menyajikan pilihan kopi Nusantara. Menu andalan nya adalah Kopi Tubruk yang disajikan dengan gula aren khas Jawa Timur. Kedai kopi ini memiliki nuansa yang antik. Interior nya menggunakan perabotan kayu laws, dekorasi tempo dulu, foto-foto jadul, ditambah dengan etalase yang berisi berbagai macam biji kopi menambah kesan kedai kopi yang kental khas Indonesia. Kopi Hamur Mbah Ndut terletak di kawasan Kayutangan Heritage Malang. Buka setiap hari, kecuali hari Kamis dari pukul 08.00 hingga 21.00. Kisaran harga nya pun lumayan terjangkau mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 12.000. 

8. All About Koffie by Kawisari est 1870

Kedai kopi satu ini, memang tidak menampilkan suasana klasik yang sederhana. Terutama dari menu dan juga penyajiannya, yang antara lain bisa dilihat dari harga menunya yang tidak ada di bawah Rp 10 ribu seperti beberapa kedai kopi di atas. Namun, tempat ngopi ini tetap direkomendasikan bagi yang ingin menikmati kopi dengan suasana beda. Pertama, karena lokasinya yang berada di kawasan Kayutangan yang terkenal itu. Kedua, Kawisari menyajikan kopi yang berasal dari perkebunan Kawisari, di antara Malang-Blitar. Kebun Kawisari menghasilkan kopi Robusta dan Arabica premium di Jawa Timur. Racikan andalan kedai ini menggunakan teknik cold brew yang menggunakan air suhu ruangan dan didiamkan selama semalaman agar mendapat aroma yang khas. 

9. Kedai Sebastien

Ini kedai kopi yang juga ada di kawasan Kayutangan. Bedanya dengan kedai kopi Kawisari yang ada di pinggiran jalan Basuki Rahmat, Kayutangan, Kedai Sebastien terletak di perkampungan Kayutangan. Jadi, harus masuk gang, dan karena gang-nya sempit dan padat, sebaiknya menuju ke sana dengan berjalan kaki. 

Namun, meski lokasi di gang, kalau sampai di Kedai Sebastien, dijamin tidak kecewa. Karena, di sana bisa didapati suasana tempat ngopi yang asyik, dengan suasana tempo doeloe dari mebel maupun aksesoris interior seperti telepon rumah jaman dulu, mesin ketik, hingga sepeda motor kuno. 

Yang lebih asyik lagi di Sebastien ada penawaran khusus. Bagi yang memesan kopi dengan bahasa Jawa, dapat harga lebih murah. Lebih murah lagi jika memesan dengan menggunakan bahasa walikan khas Malang. Tidak bisa bahasa walikan? Jangan khawatir, di dekat tempat memesan ada poster berisi panduan beberapa bahasa walikan khas Malang. Jadi, mau nesep ipok apa?  

Sumber: