Motor KTM 850cc untuk MotoGP 2027 Lakukan Uji Coba Diam-Diam
KTM Red Bull MotoGP, saat menguji motor prototipe 2027 mereka di Sirkuit Jerez tengah pekan awal Desember 2025--Twitter M Sports @MSports_all--
MALANG, DISWAYMALANG.ID–Saat pabrikan lain menikmati jeda musim dingin, KTM Red Bull diam-diam menguji motor prototipe 850cc untuk era baru MotoGP 2027. Kirim sinyal ambisius meski tengah memikirkan masalah finansial.
Ketika sebagian besar anggota tim MotoGP menikmati libur Natal, Tahun Baru, dan musim dingin bersama keluarga, KTM Red Bull justru menunda jadwal libur para teknisi serta pembalap uji mereka.
Ketika seluruh pabrikan MotoGP tengah bekerja mengembangkan prototipe motor 850cc untuk masa mendatang, menyesuaikan kapasitas mesin dengan regulasi baru yang mulai berlaku pada tahun 2027, aktivitas pengembangan berlangsung semakin intensif.
Yamaha Racing MotoGP, misalnya, masih disibukkan dengan proses pegembangan dari konfigurasi mesin empat silinder segaris menuju mesin baru V4 1000cc sebagai langkah antisipasi perubahan regulasi 2027
Di sisi lain, KTM tidak tinggal diam. Meski sedang menghadapi kesulitan finansial, pabrikan asal Austria itu tetap mendorong para insinyur pengembangnya agar terus mengembangkan mesin baru yang telah dirancang sejak lama.
Kurt Trieb, maestro mesin balap KTM Motorsport, bahkan telah menyiapkan dua prototipe motor untuk 2027 yang berhasil lolos uji dyno di pabrik Mattighofen, tepat sebelum keputusannya pindah ke Honda HRC pada Agustus lalu.
KTM Red Bull pun menjadi tim pertama yang menguji motor prototipe 2027 mereka di lintasan Jerez secara tertutup. Informasi ini terungkap setelah pembalap uji KTM, Pol Espargaro, mengunggah video pendek di akun Instagram pribadinya, @polespargaro.
Dalam unggahan itu, Pol menulis caption: "Masa depan telah dimulai. Motor 850cc kami telah lahir dan siap untuk balapan 2027." Video tersebut telah disukai 14,3 ribu akun dan telah dibagikan lebih dari 1.267 kali.

Pedro Acosta (di atas motor) dan Pit Beirer (di kursi roda), saat berswafoto bersama kru KTM Red Bull, usai podium Sprint Race di GP Valencia 2025, pada November lalu. --Twitter Pedro Acosta @37_pedroacosta--
Meski sulit melihat detail motornya, prototipe tersebut sekilas tampak mirip dengan KTM RC16 saat ini, termasuk penggunaan komponen berbahan serat karbon tanpa merek yang mudah dikenal pada beberapa bagian motor.
Menurut laporan media Jerman, Speedweek, hanya dua pembalap uji—Pol Espargaro dan Dani Pedrosa—yang terpilih untuk terlibat dalam uji coba krusial tersebut.
Pertanyaannya, apakah KTM Red Bull tengah menunjukkan ambisi besarnya meski kondisi finansial mereka masih jauh dari kata stabil?
Hingga kini belum ada kepastian siapa yang akan mengendarai motor masa depan tersebut. Pedro Acosta, pembalap muda Andalan KTM, memiliki kontrak yang berakhir tahun depan.
Berdasarkan pernyataannya sepanjang tahun 2025, ia tampaknya mempertimbangkan opsi untuk pindah demi mendapatkan performa yang lebih kompetitif.
Sementara itu, Brad Binder masih terikat kontrak hingga akhir musim 2026, tetapi masa depannya diragukan setelah menjalani musim yang mengecewakan.
Direktur Balap KTM Pit Beirer telah menunjuk teknisi top Eropa yang sudah mendampingi Toprak Razgatlioglu sejak 2018, Phil Marron, sebagai kepala teknisi baru Brad Binder mulai 2026.
Di sisi lain, tim satelit KTM Tech3 Racing yang kini dimiliki Gunther Steiner, berpeluang hengkang pada tahun 2027 jika negosiasi dengan pihak KTM tidak menghasilkan kesepakatan yang mampu menjamin mereka untuk bertahan lebih lama bersama pabrikan Mattighofen tersebut.
Sumber: harian.disway.id
