Tidak Disebut Kota Santri, tapi Banyak Pesantren Kondang di Malang

Selasa 22-10-2024,11:00 WIB
Reporter : Belqis
Editor : Agung Pamujo

KOTA , DISWAYMALANG.COM- Hari ini, Selasa (22/10) seluruh Indonesia memperingati Hari Santri Nasional. Malang, meski jarang disebut sebagai Kota Santri, ternyata terkait erat dengan riwayat penetapan Hari Santri itu. 

Konon usulan Hari Santri itu diajukan para ulama yang tengah berkumpul di Pondok Pesantren (Ponpes) Babussalam, Banjarejo, tahun 2014. Usulan tersebut diterima pemerintah, lalu dikeluarkanlah penetapan Hari Santri Naaional..

Di Malang memang banyak ponpes ternama tempat para santri menuntut ilmu. Utamanya, ponpes modern yang selain ilmu agama juga mengajarkan pengetahuan penting lainnya. 

Inilah sembilan ponpes di Malang yang bisa jadi destinasi untuk nyantri. Siapa tahu, pada momen Hari Santri ini ada saudara, kerabat atau teman yang tahu-tahu ingin belajar di ponpes dan perlu info ini.

1. Pondok Pesantren Al-Hikam


Pondok Pesantren Al Hikam-Google review-

Didirikan oleh KH. A. Hasyim Muzadi, pondok pesantren ini terkenal dengan program-program keislaman yang komprehensif serta lingkungan belajar yang kondusif. Berlokasi di Lowokwaru, yang tentunya dekat dengan perkotaan malang. Salah satu pesantren yang fleksibel, didalamnya ada kegiatan santri yang diberi wadah bernama Asosiasi Rumpun keilmuan berdasar dari berbagai disiplin latar belakang keilmuan masing-masing santri. Ada Asosiasi Hukum, Asosiasi Agribisnis, Asosiasi Pendidikan, Ekonomi, dan Teknik.

 

2. Pondok Pesantren Nurul Ulum


Pondok Pesantren Nurul Ulum-Google review-

Pondok Pesantren Nurul Ulum dengan santriwan dan santriwati yang selalu bertambah di setiap tahunnya, mencetak generasi yang insyaAllah patuh di jalanNya. Gedung asrama dan sekolahnya pun semakin megah dan luas dengan adanya renovasi-renovasi yang selalu inovatif. Jadwal sekolah diniyah dan sekolah umum serta ngaji nya yang sungguh padat, membuat para santriwan dan santriwati nya sangat menghargai waktu yang benar-benar berharga ini. Jangan khawatir untuk jadwal kunjungan para orang tua yang rutin di hari jumat atau hari minggu. Taat peraturan yang selalu dipegang teguh di pesantren ini. Lokasi yang cukup luas untuk gedung sekolah santriwati berada didepan. Dan untuk asrama berada dibelakang. Untuk lokasi santriwan berada disebelahnya. Di setiap hari Jumat rutin mengadakan pengajian jumat di tiap pagi ba’da shubuh. Dengan diawali pembacaan surat Al-kahfi dan uniknya hidangan singkong rebus adalah tradisi di pesantren ini yang sangat dirindukan. Terdapat juga KBIH haji & umroh, kantornya ada didepan jalan raya.

3. Pondok Pesantren Miftahul Huda


Pondok Pesantren Miftahul Huda-Google review-

Lebih sering dikenal dengan sebutan "Pondok Gading" oleh masyarakat. Pondok ini merupakan salah satu pondok tertua di Jawa Timur, bahkan Indonesia, yang berdiri sejak abad 18. Pondok ini menjalankan sistem pendidikan salafnya dengan mengkaji berbagai kitab. Pondok Gading menerima santri putra dan putri. Terletak di kawasan Gading Pesantren, pondok pesantren ini menawarkan pendidikan agama yang mendalam serta program-program pengembangan diri yang menarik.

 

Kategori :