Tidak Disebut Kota Santri, tapi Banyak Pesantren Kondang di Malang

Selasa 22-10-2024,11:00 WIB
Reporter : Belqis
Editor : Agung Pamujo

4. Pondok Pesantren Anwarul Huda 


Pondok Pesantren Anwarul Huda-Google review- Salah Salah satu daerah yang memiliki perkembangan pesantren dengan pesat ada di daerah Kota Malang. Berdasarkan sumber wikipedia, terdapat 44 lembaga pendidikan pesantren yang tersebar di Kota Malang. Salah satu pesantren di Kota Malang adalah pesantren Anwarul Huda.

 

 

 

Pesantren Anwarul Huda merupakan pesantren dengan karakteristik salafiyah (tradisional). Pesantren salafiyah berarti pesantren tersebut masih mempertahankan sistem pengajaran tradisional, dengan materi pengajaran kitab-kitab klasik atau disebut kitab kuning (Hasbullah, 2001:156). Pesantren ini berada di kelurahan Karangbesuki.

 

 

5. Pondok Pesantren Al Barokah


Pondok Pesantren Al Barokah-Google review-

Pesantren ini menjadi pilihan tepat bagi santri yang ingin menghafal dan mendalami Al-Qur'an. Jarak antara pesantren dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sekitar dua kilometer dan waktu tempuh sekitar sepuluh hingga lima belas menit, tergantung kelancaran lalu lintas. Suasana di dalam cottage begitu damai dan nyaman, dengan tersedianya fasilitas tempat parkir motor yang luas.

Terdapat fasilitas seperti  musala, kamar tidur, kamar mandi, dan juga dapur umum. Santri yang tinggal di pesantren ini sebagian besar merupakan santri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang berjumlah sekitar seratus dua puluh santri. Ada tiga puluh enam kamar tidur, dan setiap kamar dapat menampung lima hingga sepuluh orang. Untuk kamar mandi terdapat sebanyak tujuh belas kamar mandi dan selalu dijaga kebersihannya, karena setiap hari ada jadwal piket untuk menjaga kebersihan lingkungan ponpes.

Dapur umum dapat digunakan untuk memasak mie, nasi goreng, mengukus, dan menggoreng. Untuk kegiatan pesantren sama dengan kegiatan pesantren pada umumnya, mulai dari bangun pagi untuk sholat subuh berjamaah, membayar al-Quran, deresan, kuliah (bagi yang melaksanakan pendidikan perkuliahan), dhuhr salat, salat ashar, salat maghrib berjamaah, salat isya' berjamaah dan setelah salat isya', isinya kembali dengan kegiatan belajar Al-Qur'an.

 

6. Pesantren Mahasiswa FIRDAUS Malang


Pesantren Mahasiswa FIRDAUS Malang-Google review-

Pesantren Mahasiswa FIRDAUS pertama kali didirikan di Jalan Gajayana No. 20 Malang. Didirikan pada tanggal 7 februari 1989 bertepatan dengan tanggal 1 Rajab 1409 H. dalam perkembangannya pesantren ini dipindahkan lokasinya, kemudian berkedudukan secara tetap di jalan Mertojoyo Selatan Blok B/10 Merjosari Malang sehingga sekarang. Terdapat berbagai keunggulan dari Pesantren Mahasiswa Firdaus yakni paket program yang ditawarkan fleksibel, sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan santri. Ciri khas keilmuan yang dikembangkan di Pesantren Mahasiswa FIRDAUS adalah Al-Quran. Di Pesanten Mahasiswa FIRDAUS, mahasiswa bisa kuliah sekaligus menjadi santri. Pesantren Mahasiswa FIRDAUS Malang tidak hanya menjadi tempat menimba pengajaran terpadu Al-Quran dan Bahasa Arab. Pesantren Mahasiswa FIRDAUS Malang terus berinovasi dalam pengajaran dan pembelajaran, khususnya dalam bidang studi Al-Quran. Adanya Firdaus Training Center Firdaus yakni program unggulan yang dirancang oleh Pesantren Mahasiswa FIRDAUS.

 

7. Pondok Pesantren Al Muflihun


Pondok Pesantren Al Muflihun-Google review-

Kategori :