Perkuat Platform Diskusi Internasional, UMM Gandeng Binus dan UISI di Icon-TINE 2024

Kamis 10-10-2024,12:20 WIB
Reporter : Belqis
Editor : Agung Pamujo

LOWOKWARU , DISWAYMALANG.COM-- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuktikan sebagai perguruan tinggi yang berorientasi global. Dengan misi memperkuat platform diskusi internasional, UMM menjalin kolaborasi strategis dengan Universitas Bina Nusantara (Binus) dan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) dalam penyelenggaraan International Conference on Technology, Informatics, and Engineering (Icon-TINE) 2024. 

Konferensi digelar dua hari, 9-10 Oktober 2024. Tempatnya di Rayz Hotel UMM, Sengkaling, Malang. 

Kerja sama ini menegaskan komitmen ketiga universitas dalam mendorong pengembangan teknologi dan inovasi. Khususnya dalam penerapan Artificial Intelligence (AI) di bidang teknik dan rekayasa.

Ketua panitia Icon-TINE 2024 Dr. Ir. Dana Marsetiya Utama, ST., MT., menyampaikan bahwa kolaborasi ini bertujuan memperkaya diskusi ilmiah di antara akademisi dan peneliti dari berbagai negara. Dengan mengusung tema “Trend Artificial Intelligence for Engineering Application”, konferensi ini diharapkan mampu mempertemukan berbagai ide segar dan solusi inovatif terkait AI yang semakin berperan penting dalam kemajuan sektor teknik.


International Conference on Technology, Informatics, and Engineering (Icon-TINE) 2024.--

"Kolaborasi antara UMM, Binus, dan UISI dalam Icon-TINE 2024 menunjukkan kekuatan sinergi institusi dalam menciptakan platform diskusi internasional yang berfokus pada inovasi teknologi," kata Dana Marsetiya yang sehari-hari adalah dosen di Program Studi (Prodi) Teknik Industri Fakultas Teknik UMM ini.  

Dosen yang namanya baru saja masuk dalam daftar World Top 2% Scientist versi Universitas Stanford, Amerika Serikat ini menambahkan, kolaborasi UMM-Binus-UISI juga menunjukkan bahwa pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya dalam bidang teknologi dan informatika, semakin mendapatkan perhatian di tingkat global.

"Kerja sama antara UMM, Binus, dan UISI membuka peluang luas bagi pengembangan riset bersama di bidang penerapan AI dalam rekayasa teknik,"  kata Dana.  Selain memperkuat jejaring akademik, lanjut Dana, kolaborasi ini juga diharapkan dapat mendorong peluang kerja sama lebih lanjut di bidang penelitian dan pengembangan teknologi. 

BACA JUGA:Masuk Ilmuwan Top Dunia Dulu, Buat Konferensi Kelas Dunia Kemudian

278 Makalah, 11 Negara

Icon-TINE 2024 menjadi konferensi internasional berikut yang diselenggarakan UMM dalam Oktober ini. Sebelum ini, Fakultas Psikologi UMM sukses menyelenggarakan UMM Autism Summit, dengan menghadirkan pembicara dari empat negara, dan diikuti 600 peserta. 

BACA JUGA:Total 600 Peserta Ikuti UMM Autism Summit di Malang, Ada Penampilan Khusus ABK Bali

Dalam Icon-TINE 2024 yang merupakan Icon-TINE keempat ini --IconTINE diselenggarakan setiap tahun--,  lebih dari 278 makalah dari 11 negara dipresentasikan. Termasuk dari negara-negara seperti Korea, Perancis, India, Amerika Serikat, dan Taiwan.

Prof. Dr.-Ing. Chi-Chia Sun dari National Taipei University, Taiwan, yang menjadi salah satu pembicara kunci, bersama Setio Basuki, Ph.D. dari UMM dan Eduardo e Oliveira, Ph.D. dari University of Porto, Portugal, akan menyampaikan wawasan mereka tentang tren terbaru AI dalam rekayasa teknik di era digital.

Wakil Rektor IV UMM M. Salis Yuniardi, PhD, dalam sambutannya, juga menegaskan bahwa inisiatif UMM kolaborasi dengan Binus dan UISI dalam penyelenggaraan Icon-TINE 2024 ini, merupakan bagian dari upaya internasionalisasi kampus.

"Dengan bekerja sama dengan Binus dan UISI, UMM semakin memperkokoh posisinya sebagai universitas yang berorientasi global. Kegiatan seperti Icon-TINE ini menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi lintas institusi dapat mempercepat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi," jelasnya.

Kategori :