Borong Emas, Mahasiswa UM Jadi Bintang Paralimpiade plus Beri Kado Terbaik bagi Kota Batu

Borong Emas, Mahasiswa UM Jadi Bintang Paralimpiade plus Beri Kado Terbaik bagi Kota Batu

--

Saat masih SMA, Joko biasa tampil di nomor renang. Termasuk ketika tampil di kejuaraan pelajar daerah Jawa Timur dua tahun lalu. Saat itu, Joko tampil di nomor renang dan dapat medali. 

Ketua Umum Nasional Paralympics Committe of Indonesia (NPCI) Kota Batu Neni Ariza yang mengisahkan hal itu. "Dia memang atlet renang. Nah, kita melihat potensinya terus kami tawari ikut pemusatan latihan. Di situlah, kami melihat Joko juga potensi untuk nomor atletik," kata Neni kepada Disway Malang. 

Menurut Neni, Joko sempat ragu  ketika ditawari untuk tampil di nomor atletik. Namun, setelah diyakinkan tim pelatih NPCI Kota Batu, dia bersedia

Joko pun terus digembleng oleh tim pelatih NPCI Kota Batu. Dia dipersiapkan tampil di Pekan Paralimpiade Daerah (Peparda) Jatim 2024. 

Hasilnya tampil sebagai debutan di Peparda Jatim, Joko Muliyono langsung memborong tiga emas di event yang digelar di Surabaya, Juni 2024 lalu. Hal sama diulangi saat tampil di ajang yang lebih besar, yaitu Peparnas 2024.Dia kembali memborong tiga emas plus satu perak. 

Neni Ariza mengaku raihan prestasi Joko Muliyono ini melebihi ekspektasi. "Kami sudah memperhitungkan Joko mendapat emas tapi tidak sampai sebanyak itu," katanya. 

Selain berkas kerja keras dan semangat tinggi Joko untuk berprestasi, Neni menyebut sukses ini juga berkat dukungan tim pelatih NPCI Kota Batu yang dinilai bagus dalam mempersiapkan Joko. 

"Tentu saja tidak lupa ini berkat dukungan Pemkot Batu yang luar biasa. NPCI Kota Batu baru dibentuk tahun lalu, tapi berkat dukungan Pemkot kami terpacu untuk berprestasi. Semoga kami bisa terus berprestasi di event berikutnya," kata Neni lagi. (*)

Sumber: