Borong Emas, Mahasiswa UM Jadi Bintang Paralimpiade plus Beri Kado Terbaik bagi Kota Batu

Borong Emas, Mahasiswa UM Jadi Bintang Paralimpiade plus Beri Kado Terbaik bagi Kota Batu

--

KOTA BATU, DISWAYMALANG.COM-- Inilah salah satu bintang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 di Solo. Yakni, Joko Muliyono, atlet asal KOTA BATU yang bergabung dalam kontingen Jawa Timur. 

Dalam event olahraga multicabang untuk atlet paralimpik yang berlangsung 6-13 Oktober 2024 ini, Joko  sukses memborong empat medali sekaligus. Yakni, tiga medali emas dan satu perak. 

Tiga emas diraih atlet yang baru berusia 20 tahun itu, untuk nomor lari 100 meter putra T45-46, lari estafet 4x100 meter putra T42-47, dan lari 200 meter putra T45-47. Satu perak untuk nomor lari  400 meter putra T45-46. 

Dengan raihan itu, Joko menjadi peraih medali terbanyak di antara atlet kontingen Jawa Timur lain dalam Peparnas ke-17 ini. Dia pun memperbesar peluang untuk bisa tampil dalam ajang internasional.  Yaitu ASEAN Para Games 2025 yang akan diadakan di Thailand. 

Atas prestasi itu, atlet asal Pesanggrahan, Kota Batu ini panen pujian. Salah satunya dari Pj Wali Kota Baru Aris Agung Paewai. "Ini kado terbaik untuk ulang tahun Kota Batu," katanya.

Oktober ini Kota Batu memang sedang merayakan hari jadi ke-23. Tidak heran, dengan beroleh kado prestasi luar biasa dari Joko Muliyono itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu membalas dengan sesegera mungkin memberi apresiasi. 

Pj Wali Kota pun langsung datang ke Solo untuk memberikan bonus berupa uang kepada Joko, tanpa menunggu Peparnas selesai. Aries Agung datang ke Solo pada Jumat (11/10) menyerahkan langsung bonus tersebut. 

BACA JUGA:Atlet Kota Batu Peraih Emas Paralimpiade Diberi Bonus Langsung di Tempat

Awalnya Renang

Atas apresiasi itu, Joko Muliyono mengaku sangat berterima kasih. Bukan saja kepada Pj Wali Kota Batu dan Pemkot Batu, tapi juga kepada seluruh masyarakat Kota Batu.  

"Bonus ini menjadi motivasi lebih bagi saya untuk terus berjuang dan memberikan yang terbaik di ajang-ajang selanjutnya," ungkap Joko, dikutip dari laman Kominfo Jatim.


Joko Muliyanto saat menerima medali emas di Peparnas Solo--kominfo jatim

Joko juga mengaku bersyukur atas prestasinya dalam Peparnas 2024 ini. Karena ini merupakan penampilan pertamanya di event nasional. Artinya, dia debutan, tapi langsung jadi bintang dengan memborong empat medali. 

Selain itu, sukses atlet berstatus mahasiswa baru di Universitas Negeri Malang (UM) ini berprestasi di nomor atletik juga menjadi catatan istimewa. Pasalnya, semula Joko lebih dulu menjadi atlet renang.

Sumber: