UIN Malang Dikunjungi Rektor dari Yaman, Jajaki Kerjasama Akademik dan Internasional

UIN Malang Dikunjungi Rektor dari Yaman, Jajaki Kerjasama Akademik dan Internasional

Rektor Universitas dari Yaman (kanan) berbincang dengan Wakil Rektor UIN Prof. Dr. Hj, Umi Sumbulah, dalam kunjungan di Kampus UIN, Senin (7/10)--uin-malang.ac.id

SUMBERSARI, DISWAYMALANG.COM-- Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang terus menunjukkan kapasitas sebagai perguruan tinggi kelas dunia. Setelah berturut-turut sukses menyelenggarakan konferensi internasional tentang ekonomi syariah di Kampus UIN Malang, lalu berencana membuat konferensi internasional tentang dialog antarumat beragama bersama sebuah lembaga di Thailand, UIN kini menerima kunjungan dari perguruan tinggi asal Yaman.

BACA JUGA:Digandeng Institut di Thailand, UIN Malang Kembali Akan Gelar Konferensi Internasional

Adalah Rektor Universitas Sains dan Teknologi Hadramaut Yaman Dr. Alwai Saqaaf Alaidaros, yang berkunjung ke kampus UIN di Sumbersari, Senin, (7/19). Dia datang beserta dua wakilnya, Dr. Muni Ahmed Muhammad dan Saeed Saleh Bahfi, dengan tujuan menjaki kerjasama dengan UIN di bidang akademik dan internasional.

Rombongan dari Yaman tersebut diterima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag.. Ikut mendampingi, Dekan Fakultas Saintek Prof. Dr. Sri Harini,M.Si.

Kepada para tamunya, Prof. Umi menyatakan apresiasi dan dukungannya terhadap rencana kerja sama ini. Menurut dia, inisiatif tersebut sejalan dengan visi UIN Malang untuk menjadi universitas unggul dengan reputasi internasional.

"Rencana kerja sama ini sangat kami apresiasi karena sesuai dengan visi kami untuk terus meningkatkan kualitas akademik dan memperluas jaringan internasional. Kami berharap kolaborasi ini dapat memberikan manfaat besar bagi kedua institusi," ujar Prof. Umi dengan antusias.

 

Dalam pertemuan tersebut, Prof. Umi juga memaparkan tentang program studi yang ada di UIN Malang serta lokasi kampus yang tersebar di tiga lokasi berbeda. Kampus 1 terletak di Jalan Gajayana No. 50, Dinoyo, Malang, sedangkan Kampus 2 dan 3 berada di Kota Batu. Penjelasan ini memberikan gambaran kepada tamu dari Yaman itu, mengenai fasilitas dan potensi yang dimiliki UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai mitra strategis dalam pengembangan pendidikan dan penelitian.

 

Wakil Rektor juga mengatakan, kunjungan ini diharapkan menjadi langkah awal yang positif dalam membangun sinergi antara Universitas Sains dan Teknologi Yaman dengan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, sehingga tercipta berbagai kolaborasi di bidang akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

 

Bagi UIN sendiri, kunjungan dari universitas ternama di Yaman ini, menurut Prof. Umi bisa meningkatkan optimisme seluruh sivitas akademika UIN dalam mengukuhkan posisinya sebagai institusi pendidikan tinggi yang unggul dan berdaya saing di kancah internasional. (*)

Sumber: uin-malang.ac.id