Batu Shining Orchid Week 2024 Dibuka, di Lokasi Pameran Maupun IG Sama Ramainya

Batu Shining Orchid Week 2024 Dibuka, di Lokasi Pameran Maupun IG Sama Ramainya

Booth DPD PAI Bali di Batu Shining Orchid Week yang mulai dibuka Sabtu (5/10) di Balai Kota Among Tani, Kota Batu--ig: therakyatbali

KOTA BATU, DISWAYMALANG.COM-- Begitu secara resmi dibuka pada Sabtu (5/10) sore, pameran bunga anggrek BATU Shining Orchid Week 2024 langsung diserbu para penggemar anggrek. Mereka pun memenuhi halaman Balai Kota Among Tani Kota BATU, tempat pembukaan pameran digelar. 

Pembukaan dilakukan Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai didampingi Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Pecinta Anggrek Indonesia (PAI) Rita Subowo dan sejumlah pengurus PAI lainnya, baik di tingkat DPP dan pengurus beberapa DPD (Dewan Pengurus Daerah) PAI yang hadir. Termasuk, dari DPC PAI Malang Raya selaku tuan rumah, sekaligus penyelenggara event ini, bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Batu.

Yang ramai begitu event yang juga merupakan rangkaian kegiatan hari jadi ke-23 Kota Batu ini dibuka, bukan saja di lokasi pameran. Di media sosial pun mulai bermunculan unggahan terkait dengan Batu Shining Orchid Week 2024. Antara lain dari akun instagram (IG) @therakyatbali yang mengunggah persiapan booth DPD PAI Bali dengan unggahan video Ketua DPD PAI Bali Putri Suastini tengah melihat penataan booth. Video yang sama juga diposting akun IG @denpasar.viral dan akun IG @seputarbaliterkini.

Ikut mengunggah video tentang Batu Shining Orchid Week 2024 adalah akun @kebun_minahiko, @sam73_bejo dan beberapa akun perorangan dari para penggemar anggrek. Tentu saja tidak ketinggalan akun IG PAI Malang Raya, yang bahkan langsung mengunggah empat video pendek Sabtu sore usai pembukaan hingga malam pukul 20.14 WIB ini. Dua video pendek pertama berisi rekaman ramainya suasana di ruang pameran usai pembukaan, dan video Rita Subowo bersama pengurus DPP PAI lain, Novianto melihat beberapa booths. Sedang dua unggahan berikut, berupa rekaman video pendek pertemuan antara Rita Subowo dengan para pengurus DPD dan DPC PAI yang hadir di Batu, Sabtu (5/10) malam. 

Anggrek Unggulan

Batu Shining Orchid Week 2024 dijadwalkan akan berlangsung hingga 13 Oktober 2024. Berdasarkan rilis dari panitia sebelum lomba, diperkirakan tidak kurang dari 200 jenis anggrek yang akan ditampilkan di 72 booth peserta.

BACA JUGA:Pekan Anggrek Batu 2024 Dimulai, Peserta Tahun Ini Bertambah, Balai Kota Among Tani Full Anggrek

Selain dari Malang Raya dan kota lain di Jawa Timur, para pembudidaya maupun pengusaha anggrek yang ikut pameran ini berasal dari delapan provinsi lain di Indonesia, dari Jawa, Kalimantan, Bali dan Papua. Beberapa 

Untuk jenis anggrek yang diikutkan pameran, mayoritas adalah anggrek lokal hasil silangan para petani anggrek Indonesia. Meski lokal, namun anggrek-anggrek itu tergolong jenis unggulan Namun, ada juga anggrek dari luar negeri seperti dari Taiwan dan Thailand. 

Batu Shining Orchid Week 2024 yang tahun ini mengusung tema "Always Growing, Always Loving, Always Blooming" juga diisi dengan berbagai lomba anggrek. Untuk lomba, sudah dimulai sejak Kamis dan Jumat, 3-4 Oktober 2024, mulai pagi sampai sore hari. Lalu, pada Sabtu (5/10) pagi akan mulai dilakukan penjurian, sekaligus pengumuman pemenangnya.  

Berdasarkan info dari panitia, peserta pekan anggrek Batu tahun ini lebih meriah dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu, ada 55 booth pameran, sekarang 74 booth. Setiap hari pameran di Balai Kota Among Tani Kota Batu ini akan dibuka mulai pukul 08.00 WIB dan akan tutup pada pukul 17.00 WIB. (*) 

Sumber: