Pekan Anggrek Batu 2024 Dimulai, Peserta Tahun Ini Bertambah, Balai Kota Among Tani Full Anggrek

Pekan Anggrek Batu 2024 Dimulai, Peserta Tahun Ini Bertambah, Balai Kota Among Tani  Full Anggrek

--ig: pai_malangraya

KOTA BATU, DISWAYMALANG.COM-- Mumpung pagi, ada baiknya bersiap dari sekarang. Ini jika Anda seorang pecinta atau penikmat anggrek, dan berada tidak jauh dari KOTA BATU. Karena, Sabtu (5/10) event besar bagi para pecinta bunga kebanggaan Indonesia itu, yaitu Batu Shining Orchid Week atau akan dimulai. 

Pekan anggrek Batu ini merupakan salah satu rangkaian dari 29  kegiatan perayaan hari jadi ke-23 Kota Batu. Sesuai jadwal dari Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, kegiatan tahunan ini untuk  tahun ini akan diselenggarakan seminggu lebih, mulai 5 Oktober sampai dengan 13 Oktober 2024. Lokasinya, di kompleks Balai Kota Among Tani Kota Batu. 

BACA JUGA:23 Tahun Kota Batu, 23 Persen Diskon, 29 Kegiatan Akbar

Dijadwalkan, event yang akan terdiri dari pameran dan juga lomba-lomba ini akan resmi dibuka pada Sabtu (5/10) sore, dengan upacara pembukaan pada pukul 15.00 WIB. Namun, sejak pagi hari, bahkan dua hari sebelumya sudah ada kegiatan terkait pekan anggrek ini.

Yakni, mereka yang akan ikut pameran dan lomba anggrek dalam  Batu Shining Orchid Week 2024 ini. Mereka mulai loading perlengkapan dan menata booth mereka masing-masing. Selain itu, khusus yang ikut lomba display landscape anggrek, juga mulai menata dekorasi landscape yang akan dilombakan.   

Lomba anggrek sendiri sudah dimulai sejak Kamis dan Jumat, 3-4 Oktober 2024, mulai pagi sampai sore hari. Lalu, pada Sabtu (5/10) pagi akan mulai dilakukan penjurian, sekaligus pengumuman pemenangnya.  

Berdasarkan info dari panitia, peserta pekan anggrek Batu tahun ini lebih meriah dibandingkan tahun lalu. Menurut Anna Maria, pengurus Persatuan Anggrek Indonesia (PAI) Malang Raya, tidak kurang dari 72 peserta akan mengikuti pameran.

"Jauh lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Kalau tidak salah tahun lalu ada 55 booths," kata Anna Maria, dihubungi Disway Malang. PAI Malang Raya memang digandeng Pemkot Batu dalam penyelenggaraan event ini. 

200 Jenis Anggrek

Berdasarkan info yang diunggah di akun instagram PAI Malang Raya, akan ada tidak kurang dari 200 tanaman anggrek yang memeriahkan Batu Shining Orchid Week 2024 dengan terdaftar sebagai peserta lomba. Sedangkan 72 peserta pameran, berasal dari seluruh Indonesia. 

Pameran mulai Sabtu (5/10) hari ini akan dilakukan di parkiran timur Balai Kota Among Tani. Setiap hari, pameran akan dibuka mulai pukul 08.00 WIB dan akan tutup pada pukul 17.00 WIB. 

Dengan banyaknya peserta, bisa dipastikan Balai Kota Among Tani akan penuh anggrek hingga akhir pameran pada 13 Oktober 2024. Dan, karena jadwal akhir pameran masih lama, bagi pecinta anggrek yang saat ini belum berada di sekitar Kota Batu, masih ada kesempatan untuk merencanakan datang ke Kota Batu, dan ikut merasakan keindahan ratusan anggrek dari berbagai penjuru Nusantara yang kini menghiasi Balai Kota Among Tani Kota Batu. (*) 

Sumber: