Alif, Kenzo dan Rombongan Anak Berbakat dari Bali Memukau pada Pembukaan UMM Autism Summit 2024

Alif, Kenzo dan Rombongan Anak Berbakat dari Bali Memukau pada Pembukaan UMM Autism Summit 2024

Alif, Kenzo dan anak-anak dari Bali foto bersama usai tampil dalam pembukaan UMM Autism Summit 2024 di Dome UMM Kamis (3/10)-Belqis/diswaymalang-

LOWOKWARU, DISWAYMALANG.COM-  Anak-anak yang masuk kelompok anak berkebutuhan khusus (ABK) membuktikan mereka juga bisa tampil atraktif. Ini ditunjukkan Alif, Kenzo dan anak-anak dari kelompok homeschooling anak berbakat asal Bali saat pembukaan UMM Autism Summit 2024 di Basement Dome, Kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis (3/10). 

Di depan ratusan undangan dan peserta event internasional tentang autisme dan ABK ini, Alif memukau saat tampil menyanyi. Dengan suara bening dan gaya atraktif, siswa sekolah dasar ini membawakan lagu-lagu Aku Bangga jadi Anak Indonesia dan Rek Ayo Rek.

Kenzo yang tampil berikutnya, tidak kalah memukau. Siswa berprestasi yang gemar menggambar, bercerita dan menyukai bahasa Inggris ini juga menampilkan kemampuan bernyanyinya yang luar biasa. Dia menyanyikan lagu Berkibarlah Benderaku dan lagu berbahasa inggris yakni You Are My Sunshine dan Twinkle-Twinkle Little Star.

Penampil berikut yakni anak-anak dari kelompok homeschooling anak berbakat asal Bali juga mengundang pujian. Anak-anak dari Pulau Dewata itu membawakan tari-tarian tradisional. 


Penampilan tarian tradisional dari homeschooling anak berbakat bali--

UMM Autism Summit 2024 yang diselenggarakan Fakultas Psikologi (Fapsi) UMM serta didukun Disway Malang sebagai media partner ini, memang secara khusus memasukkan acara talent show atau unjuk penampilan ABK berbakat. Selain talent show, kegiatan urama adalah konferensi atau seminar internasional, workshop tematik, talk show serta bazar dan ekspo. 

BACA JUGA:Total 600 Peserta Ikuti UMM Autism Summit di Malang, Ada Penampilan Khusus ABK Bali

Takjub dan Hebat

Atraksi para ABK berbakat itu membuat pembukaan UMM Autism Summit 2024 menarik dan meriahSekretaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia Dr. Ulul Albab Sp.OG pun mengaku terkesan. "Terus terang saja saya takjub, baru kali ini kami dari IDI melihat seperti ini," katanya, saat memberi sambutan. 

Ulul Albab menambahkan antusias peserta yang sudah tercermin saat pembukaan, adalah hal positif terkait penanganan yang tepat terhadap isu autisme dan ABK. "Para ahli sudah mengatakan autisme bukan penyakit sehingga tidak bisa di sembuhkan. Namun, kita harus terus  coba bicara secara koherensif bagaimana kita mencegah, menerapi memfasilitasi dan menghadirkan pembicara untuk mengetahui apakah autisme dapat dideteksi saat kehamilan," katanya, panjang lebar.

Dengan adanya deteksi dini itu, lanjut Sekjen IDI, kita dapat menyiapkan untuk orangtua bagaimana penanganan ke depannya nanti.  "(Di forum ini) kami menghadirkan dokter anak untuk mendiskusikannya," tambahnya.


Acara resmi dibuka dengan prosesi pemukulan gong--

Sementara itu, Wakil Rektor I UMM Prof. Akhsanul In'am, Ph.D. dalam sambutannya memberikan perspektif menarik tentang individu dengan spektrum autisme. Dia mencontohkan tokoh-tokoh terkenal seperti Isaac Newton dan Bill Gates yang memiliki keistimewaan, termasuk kemungkinan memiliki spektrum autisme.

Pembukaan UMM Autism Summit 2024 secara resmi ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekjen IDI didampingi Wakil Rektor I UMM, Dekan Fapsi UMM Dr. RR Siti Fasikhah M.Si, dan Ketua Panitia Dr. Psi. Zainul Anwar, M.Psi. 


Dr. Eunice Tan, Dosen dari Singapore University Social Science--

Sumber: umm