Diprediksi Ruas Tol Pandaan Malang Layani 1 Juta Lebih Kendaraan saat Libur Lebaran

Diprediksi Ruas Tol Pandaan Malang Layani 1 Juta Lebih Kendaraan  saat Libur Lebaran

Situasi apel persiapan satgas Jasamarga Pandaan-Malang untuk kelancaran arus mudik Lebaran 2025, Kamis (20/3)--Tazqia Aulia Zalzabillah

SINGOSARI, DISWAYMALANG.ID--Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) Netty Renova memperkirakan ruas tol Pandaan-Malang  akan melayani lebih dari 1 juta kendaraan selama Libur Hari Raya Idul Fitri 1446 H/2025.

Pergerakan kendaraan yang relatif besar  ini, menurut dia perlu diantisipasi dengan menyiagakan sekaligus mengoptimalkan pelayanan terbaik oleh petugas, layanan, dan seluruh armada operasional. "Serta didukung koordinasi menyeluruh dengan stakeholder lintas sektoral." katanya, saat kick off kesiapan Satuan Tugas (Satgas) pada Kamis (20/3).

Sebagai wujud koordinasi menyeluruh itu, digelar kick off kesiapan Satgas dalam bentuk apel yang melibatkan seluruh personel lintas sektoral yang tergabung dalam Satgas. Selain petugas JPM  juga ikut apel personel Patroli Jalan Raya (PJR) Wilayah Jawa Timur IV,  perwakilan dari berbagai penyedia layanan (service provider). Serta, personel PT Jasamarga Tollroad Operator, PT Jasamarga Related Business, dan Astra Infra Solutions. 

Apel ini bertujuan untuk memastikan pelayanan operasional jalan tol tetap optimal selama periode Libur Hari Raya Idul Fitri 1446 H/2025. Dengan fokus pada kelancaran arus lalu lintas, keamanan, kenyamanan, serta keselamatan para pengguna jalan tol.

Kesiapan Menyeluruh

Netty juga menekankan bahwa PT JPM telah melakukan berbagai persiapan guna memastikan kelancaran operasional selama periode libur Idul Fitri 1446 H/2025. 

Fokus utama PT JPM mencakup kesiapan layanan transaksi, lalu lintas, pemeliharaan jalan, serta fasilitas di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Ruas Jalan Tol Pandaan-Malang.

"PT JPM telah melakukan kesiapan layanan operasional secara menyeluruh, mulai dari layanan transaksi, lalu lintas, pemeliharaan, hingga kesiapan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Ruas Jalan Tol Pandaan-Malang," ujar Netty.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa dalam layanan transaksi, PT JPM memastikan kesiapan gerbang tol dan peralatan transaksi agar berfungsi optimal, serta menyiapkan petugas tambahan guna mengantisipasi lonjakan kendaraan.

Sementara di bidang layanan lalu lintas, PT JPM telah menyiagakan kendaraan operasional untuk mendukung kelancaran arus selama libur panjang.

Untuk memastikan kondisi jalan tetap optimal, PT JPM telah melakukan berbagai upaya pemeliharaan, termasuk perawatan rutin, pemeliharaan berkala, serta perbaikan khusus seperti perkuatan lereng dan peningkatan kualitas jalan tol. 

Selain itu, PT JPM juga menyiapkan berbagai sarana dan prasarana guna menghadapi potensi gangguan akibat cuaca ekstrem.

"PT JPM telah menyiapkan sarana dan prasarana, seperti tim siaga, pompa portable, sandbag, serta berbagai peralatan lainnya sebagai langkah mitigasi terhadap kondisi cuaca hidrometeorologi yang dapat memengaruhi kenyamanan perjalanan pengguna jalan," jelas Netty.

PT JPM juga memastikan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di KM 66 dan KM 84, baik arah Malang maupun Surabaya, berfungsi optimal. 

Kesiapan ini mencakup fasilitas utama seperti toilet, tempat ibadah, tenant, dan sarana umum lainnya agar dapat melayani pengguna jalan dengan baik.

Sumber: