Sembilan di Malang: Wisata Candi yang Perlu Diketahui

Sembilan di Malang: Wisata Candi yang Perlu Diketahui

Candi sumberawan --wikipedia

Candi Singosari merupakan Candi Hindu Buddha yang menjadi tempat pemakaman bagi raja Singhasari terakhir, yaitu Kertanegara. Letaknya berada di Jalan Kertanegara, Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.  Candi ini ditemukan oleh colonial Belanda dan kemudian direstorasi. Namun, restorasi ini belum selesai sehingga di sekeliling Candi terdapat tumpukan batu yang belum dikembalikan ke posisi semula. Candi Singosari ini ditetapkan sebagai Cagar Budaya Nasional melalui SK menteri pendidikan dan kebudayaan pada tanggal 21 Juli 1998. 

7. Candi Songgoriti

Candi Songgoriti terletak di Desa Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu. Candi ini merupakan Candi Hindu dan salah satu peninggalan Candi Singosari. Bangunan Candi ini mirip dengan bangunan candi Jawa Tengah. Relief pada Candi ini menceritakan kisah pengadukan susu yang terkenal dalam kepercayaan Hindu, disebut dengan relief Samudramanthana. 

8. Candi Karang Besuki 

Lokasi Candi ini terletak di Desa Gasek, Karang Besuki, Kecamatan  Sukun, Kota Malang. Candi ini merupakan salah satu Candi tertua bersamaan dengan Candi Badut, namun kondisinya kini sudah tidak utuh dan hanya meninggalkan sebuah struktur fondasi Batu andesit. Dibagian tengahnya pun tersisa reruntuhan berbentuk lingkaran yang diperkirakan sebagai sumuran Candi.

9.  Candi Bocok

Bangunan candi ini tidak istimewa.  Namun, Candi Bocok memiliki kelebihan, terdapat patung Siwa yang sangat detil bentuknya. Candi ini tergolong baru, karena merupakan peninggalan kerajaan Majapahit pada masa jaya, yaitu masa kepemimpinan Hayam Wuruk. Letaknya, di Desa Pondokagung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. (*)

 

Sumber: