Mau Tahu Kisah tentang 12 Kali Nikah? Datang ke MCC, Rasakan di Pesta Rasa

Mau Tahu Kisah tentang 12 Kali Nikah? Datang ke MCC, Rasakan di Pesta Rasa

Salah satu aksi parade teater Pesta Rasa di MCC --

BLIMBING, DISWAY MALANG.COM-- Ini alternatif bagi yang ingin menikmati akhir pekan dengan menonton pertunjukan yang beda. Yakni, pertunjukan ala teater, yang menampilkan seni peran degan adu watak dan karakter yang kuat. Minggu, 15 September 2024 malam, di MCC ada tontonan yang dimaksud, yakni pertunjukan teater dengan lakon Barabah.

Pertunjukan ini merupakan bagian dari parade teater Pesta Rasa, yang sudah berlangsung sejak Kamis, 12 September 2024.  Penyelengaranya adalah komunitas teater dari Malang, yakni Ruang Karakter.  Sejak Kamis itu, setiap hari ditampilkan satu Pertunjukan, dengan lakon yang bukan saja berbeda judul, tapi juga berbeda kisah. Atau seperti yang disampaikan oleh salah seorang panitia, setiap Pertunjukan selama Pesta Rasa yang berlangsung 12-15 September 2024 itu,  "mewakili rasa yang berbeda."

Untuk kisah Barabah sendiri, menampilkan lakon tentang seorang suami bernama Banio yang sudah kawin cerai hingga sebelas kali, dan kini menikah lagi untuk kali ke-12. Muara lakon pertunjukan yang disutradarai Anton Kentang ini, berkisar tentang Barabah, yang membawa kesegaran dan kehidupan cinta baru bagi Banio, dibandingkan dengan sebelas pernikahannya yang terdahulu.  


Penonton parade teater Pesta Rasa di MCC--

Sebelum lakon Barabah, selama tiga hari sejak Kamis, 12 September telah ditampilkan tiga lakon berbeda, dengan tiga stradara berbeda pula. Berikut gambaran singkat pertunjukan-pertunjukan dalam Pesta Rasa yang sudah dimainkan. 

1. War Love (12 September 2024)

Lakon  ini menegaskan bahwa cinta merupakan hal yang paradoks, tidak kompleks dan sangat membunuh. Juga dipaparkan,  bagaimana cara menghadapi hal itu dengan semangat kebahagiaan, dan pendekatan cinta yang bukan hanya bisa disuap dengan puisi. Lakon yang  disutradarai oleh Rahmat ini dipenuhi dialog dan narasi puitis, contohnya kutipan di bawah ini:

Terima kasih semua menjadi minimalis.
Aku dan kamu.
Kesedihan dan kebahagiaan.

2. Kereta Kencana (13 September 2024)

Sepasang kekasih yang tak terpisahkan telah hidup selama dua ratus tahun lamanya. Dengan hati berdebar mereka menanti sebuah kereta yang akan menjemput mereka menuju keabadian. Namun kereta itu tak kunjung tiba. Mereka pun harus mengisi hidup lebih lama lagi, dengan bercinta dan bertengkar sepanjang hari. Sebuah drama tentang kesia-sia-an hidup yang disadur dari karya bapak teater absurd asal Prancis, Eugene lonesco.  Disutradarai oleh MIQDADMBO.

3. Purgatory (14 September 2024)

Di balik reruntuhan rumah tua itu, dosa-dosa lama tak pernah benar-benar terkubur. Sebuah roh terperangkap dalam penyucian, terjebak oleh nafsu dan penyesalan yang abadi. Takdir kelam menunggu, saat ayah dan anak berhadapan dengan kutukan keluarga yang tak terhindarkan. Dalam bayang-bayang malam, keputusasaan menjadi kekuatan yang mematikan. Lakon  Purgatory merupakan karya W.B. Yeats, dan malam itu ditampilkan dengan sutradara Anin.

Berikut adalah Hal yang harus diperhatikan saat menghadiri parade teater Pesta Rasa:

  • Datang tepat waktu
  • Membawa earphone/headset (khusus pertunjukan war love)
  • Membawa bukti pembelian tiket
  • Diperbolehkan Upload story instagram dan tag @ruangkarakter

Catatan: Pintu ruang pertunjukan akan ditutup pada pukul 18:45. Pastikan datang sebelum 18:45 karena apabila terlambat tidak bisa lagi masuk ke ruang setelah pintu ditutup.

Sumber: