Gelar COMMSPO, Maba Komunikasi FIS UM Realisasikan Tugas Kuliah sekaligus Praktik Wirausaha Sosial
Semangat mahasiswa Ilkom UM 2024 untuk mempromosikan produk mereka di panggung utama COMMSPO pada Selasa pagi (10/12) -Agung Pamujo/Disway Malang-
Selain bazar, acara ini juga menghadirkan talkshow bertema sociopreneurship dengan narasumber Ginanjar Widya, co-Founder sekaligus CEO dari Moringa Good. Di sini, mahasiswa diajak berdiskusi langsung mengenai strategi bisnis sosial, guna menambah wawasan tentang cara mengelola usaha berkelanjutan.
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam menerapkan teori kewirausahaan sosial. Sebagai bagian dari mata kuliah, proyek ini menyumbang 50 persen dari total penilaian. Untuk itu, mahasiswa diminta tidak hanya menyusun proposal, tetapi juga mengeksekusi ide-ide mereka dalam bentuk pameran dan jualan.
Setiap produk yang dipamerkan mengangkat pesan nilai dan isu sosial.. Seperti pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan gender, yang disesuaikan dengan minat mahasiswa.
Dari kegiatan ini, ada total empat kelompok dengan proposal ide terbaik mendapatkan pendanaan sebanyak Rp500.000 dari Fakultas karena nilai sosialnya yang dianggap sangat baik.
“Kegiatan hari ini juga diluar ekspektasi saya, dari teman-teman mahasiswa juga sangat kreatif, inovatif, dan lebih beragam. Harapannya, kegiatan ini tidak hanya berhenti di sini, tetapi dapat menjadi langkah awal untuk terus mengembangkan jiwa kewirausahaan yang lebih profesional lagi di masa depan”, ungkap Prawinda Putri Anzari, S.I.Kom., M.Si selaku Dosen Pengampu mata kuliah Kewirausahaan Sosial Komunikasi. (*)
Sumber: