Melalui E-FestCom 2024, Mahasiswa UM Beradu Inovasi Bisnis plus Pamerkan Produk Kreatif

Melalui E-FestCom 2024, Mahasiswa UM Beradu Inovasi Bisnis plus Pamerkan Produk Kreatif

Salah satu stan peserta, yakni Team Morigent, yang memamerkan sabun ramah lingkungan dari daun kelor-Belqis/diswaymalang-

LOWOKWARU, DISWAYMALANG.ID– Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) saling adu inovasi bisnis melalui ajang Entrepreneurship Festival Competition (E-FestCom) 2024. Dalam ajang yang dilangsungkan di halaman Gedung B20 Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alama (FMIPA), Kampus UM, Lowokwaru, Kota Malang, Selasa (12/11) itu, ada delapan tim yang ikut. 

Kedelapan tim itu mempresentasikan inovasi bisnis mereka di depan para juri. Sekaligus, juga memamerkan produk karya inovasi masing-masing dalam ajang yang memang menggabungkan antara kompetisi dan pameran inovasi bisnis itu. 

Setiap tim peserta yang masing-masing terdiri antara 3-4 mendapat satu stan untuk memamerkan produk inovasi mereka. Lalu, bergantian mereka juga akan mempresentasikan paparan inovasi masing-masing di depan juri. 

Beberapa produk inovasi yang dilombakan sekaligus dipamerkan, antara lain sabun An-nadhif. yakni sabun ramah lingkungan. Lalu, tim Pelman mempresentasikan produk layanan foto dan videografi profesional.

Juga ada tim Avicenna yang menawarkan produk kopi enak untuk mengatasi insomnia atau penyakit sulit tidur. Kemudian, tim Morigent dengan inovasi sabun dari daun kelor.

BACA JUGA:Mahasiswa UM Temukan Deterjen dan Sabun Organik Ramah Lingkungan dari Daun Kelor

Yang menarik, kompetisi ini tidak hanya melombakan keunggulan inovasi bisnis dari peserta. Baik, untuk inovasi berupa produk barang maupun produk jasa. Namun, juga dinilai reativitas peserta dalam melakukan promosi, pelayanan terhadap pelanggan,  hingga kebersihan stan. 

Kreatif dan Inovatif

Setelah melalui penilaian dari juri, tim Morigent dengan produk inovasi sabun ramah lingkungan dari bahan baku daun kelor, ditetapan sebagai Juara 1. Menyusul tim Okarames sebagai Juara 2 dan tim Gualin sebagai juara 3.

Menurut salah satu panitia E-FestCom 2024, Fadilla, tim peserta kompetisi ini berasal dari setiap delegasi di Fakultas MIPA UM. “Kami menawarkan tiap departemen dapat bergabung di lomba ini dengan departemen lainnya,” Fadilla Staf E-FesCom 2024

Latar belakang dari kegiatan ini, menurut dia,  adalah untuk membentuk generasi wirausahawan muda yang kreatif dan inovatif. Pada era global yang kompetitif ini, peran perguruan tinggi sangat penting dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa yang siap bersaing dan berinovasi.

Melalui E-FestCom 2024 yang diselenggarakan oleh Science Entrepreneurship Fakultas MIPA ini, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan jiwa bisnis serta menyalurkan minat mereka dalam bidang kewirausahaan.

Selain itu, acara yang merupakan event tahuan ini bertujuan sebagai sarana untuk memperluas pengalaman mahasiswa, memacu kreativitas. Serta menciptakan ide-ide bisnis baru untuk mengembangkan produk yang berdaya saing tinggi di pasar. (*)

Sumber: e-fest com 2024