Sebanyak 75 Persen Pendapatan Generasi Z Dialokasikan untuk Konsumsi Makanan
Ilustrasi Gen Z mengatur keuangan mereka--freepik
MALANG, DISWAYMALANG.ID-- Generasi Z dikenal sebagai kelompok yang memiliki gaya hidup unik. Terutama, dalam mengatur keuangan mereka.
Sebagai generasi digital native, preferensi belanja mereka mencerminkan nilai, kebiasaan, dan kebutuhan. Yang keduanya, berorientasi kepada kenyaman serta kepuasan pribadi.
Melalui survei yang dilakukan Jakpat, 75 persen responden mengalokasi gaji yang diterima untuk membeli makanan. Sementara 63 persen responden tercatat menyisihkan untuk ditabung dan investasi. Lalu, 62 persen untuk perawatan diri dan diberikan pada orang tua, dan 56 perseb untuk hiburan.
Meskipun sering diasosiasikan dengan gaya hidup yang berorientasi pada saat ini, Gen Z juga memiliki kesadaran akan pentingnya merencanakan masa depan mereka.
Selain itu, Gen Z sangat responsif terhadap pengelolaan gaji dan lingkungan kerja. Perusahaan yang mampu memenuhi ekspektasi mereka akan mendapatkan loyalitas yang lebih tinggi.
Terkait loyalitas terhadap pekerjaan ini, hasil survei yang dilakukan Jakpat menunjukkan mayoritas Gen Z puas dengan pekerjaannya saat ini. Sebanyak 73 persen responden yang menyatakan puas terhadap pekerjaan mereka saat ini. Kemudian, sebanyak 20 persen bersikap netral, dan sisanya 7 persen merasa tidak puas.
Tingkat kepuasan kerja yang tinggi membuat Gen Z cenderung loyal terhadap perusahaan. Data menunjukkan bahwa sebagian besar dari mereka telah bekerja di perusahaan yang sama selama 1-2 tahun. (*)
Sumber: jakpat
