Cleanser Jadi Skincare Paling Populer 2025
Ilustrasi jenis skincare--pinterest
MALANG, DISWAYMALANG.ID-- Di tengah menjamurnya berbagai produk perawatan kulit yang semakin inovatif, satu produk tetap menjadi pilihan utama mayoritas konsumen Indonesia yakni pembersih wajah atau cleanser.
Berdasarkan survei terbaru dari Populix pada awal 2025, sebanyak 63 persen dari 961 responden memilih cleanser sebagai produk skincare yang paling sering mereka beli dan gunakan.
Dominasi cleanser ini bukan tanpa alasan. Produk ini dianggap sebagai fondasi dasar dalam rutinitas perawatan kulit, baik pagi maupun malam.
Fungsinya yang vital untuk mengangkat kotoran, minyak, dan sisa makeup menjadikan cleanser sebagai langkah pertama menuju kulit yang sehat.
Tak hanya itu, harga yang terjangkau dan ketersediaannya yang luas di berbagai kanal online maupun offline membuat produk ini sangat mudah diakses oleh semua lapisan masyarakat.
BACA JUGA:Media Sosial Jadi Rujukan Utama Masyarakat Indonesia dalam Memilih Skincare di 2025
Cleanser juga menunjukkan daya tarik lintas usia, mulai dari Gen Z yang baru mengenal dunia skincare, hingga Milenial yang telah terbiasa menjalani rutinitas perawatan kulit yang lebih kompleks.
Kepraktisan penggunaannya serta banyaknya varian yang sesuai dengan tipe kulit menjadikan cleanser sebagai pilihan yang tidak tergantikan.
Di urutan kedua, sunscreen menjadi pilihan utama bagi 54 persen responden, terutama dari kalangan Gen Z yang kini semakin sadar akan pentingnya perlindungan kulit dari paparan sinar matahari.
Penggunaan sunscreen bukan lagi hanya untuk mencegah kulit gosong, tapi juga sebagai langkah preventif terhadap penuaan dini, flek hitam, dan risiko kanker kulit.
Mengingat 61 persen responden merupakan pekerja aktif dengan mobilitas tinggi, sunscreen kini menjadi kebutuhan harian yang tidak bisa diabaikan.
Berikutnya, moisturizer menempati posisi ketiga dengan persentase 51 persen, menandakan bahwa hidrasi kulit tetap menjadi prioritas.
Di sisi lain, serum yang memiliki fungsi lebih spesifik seperti anti-aging, brightening, dan acne care, dipilih oleh 33 persen responden, dengan dominasi pembeli berasal dari kalangan Milenial.
Sumber: populix
