LOWOKWARU. DISWAYMALANG.ID- Aksi nyata mendorong pertumbuhan brand lokal dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya (UB). Mereka menggelar Inspired Festival 2024 sebagai wadah pemasaran dan pengembangan bisnis bagi brand lokal.
Festival digelar di Gedung Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, mulai Jumat (1/11) sampai Minggu (3/11). Dengan mengusung visi #InspireLiving, dalam festival itu dipamerkan produk-produk terbaik dari berbagai brand lokal. Produk-produk itu dikelompokkan sesuai kategori, seperti art, fashion & beauty, living space atau dormitory, dan food & beverages.
Menurut Ketua Pelaksana Inspired Fest 2024 Theresia Maureen, kegiatan ini salah satunya memang ditujukan untuk membantu UMKM, khususnya di Kota Malang untuk berkembang. "Kami menyediakan wadahnya melalui pameran, pop-up market, dan juga food market," tuturnya.
Pameran sendiri, menurut dia, merupakan wujud apresiasi terhadap brand lokal tersebut. Sekaligus, dukungan terhadap industri kreatif lokal untuk terus berkembang.
Karena itu, lanjut Theresia, selain berupa pameran, Inspired Festival 2024 juga menghadirkan pop-up market yang memungkinkan transaksi langsung. Setelah menikmati pameran, pengunjung dapat membeli produk lokal yang diminati. Ini berarti memberi kesempatan bagi brand lokal untuk menjangkau konsumen secara langsung.
@blueblooom.id (toko bunga artificial dan bunga segar di malang)-belqis disway malang-
Salah satu brand lokal yang memanfaatkan kesempatan itu adalah Toko Bunga @bluebloom.id. Toko bunga lokal ini menampilkan pajangan berbagai bunga segar seperti bunga matahari hingga pikuk dan dijual dengan variasi harga yang terjangkau.
@hamparanrintik adalah brand dari lokal brand pakaian batik-belqis disway malang-
Inspirasi dan Perubahan
Selain sebagai ajang pameran dan perluasan pasar bagi brand lokal, Inspired Fest 2024, juga diharapkan menjadi ruang inspirasi. Sekaligus, wadah bagi perubahan positif yang dapat memperkaya kehidupan sehari-hari masyarakat melalui karya lokal yang berkualitas.
Untuk mewujudkan itu, penyelenggara Inspired Fest 2024 merancang ruangan-ruangan yang dipakai dengan konsep khusus, menggambarkan perjalanan pencarian inspirasi dan pemahaman hidup, serta eksplorasi identitas diri melalui visual dan produk yang dipamerkan.
Ada ruangan yang ditata sedemikian pula mirip dengan interior kamar dengan menggunakan konsep Personal Sanctuary. Penataan ruangan ini menggambarkan pembuatan lingkungan tinggal yang menjadi tempat perlindungan, ketenangan, dan kenyamanan bagi individu.
Pameran ruangan dengan konsep interior kamar menggambarkan rutinitas -belqis disway malang-
Untuk itu, panitia sangat memperhatikan aspek penting dalam penataan ruangan. Termasuk dekorasi, penataan furniture, pencahayaan, warna, tekstur, dan elemen- elemen lain yang mendukung relaksasi. Personalisasi ruang dengan barang-barang yang memiliki makna personal juga ditekankan untuk menciptakan tempat pelarian dari kehidupan sehari-hari, merenungkan, dan merawat kesejahteraan mental dan emosional individu.
Panitia juga menghadirkan mood board yang berisi kumpulan poster lagu yang ada di spotify. Para pengunjung diajak untuk merasakan emosi apa hari ini yang kemudian disesuaikan dengan lagu yang dapat di scan melalui poster foto lagu tersebut.