Pameran Posko Visual Mahasiswa UM Diikuti Peserta dari 20 Negara, Banyak Karya tentang Palestina

Kamis 24-10-2024,17:00 WIB
Reporter : Belqis
Editor : Agung Pamujo

LOWOKWARU, DISWAYMALANG.COM-- Kampus di Indonesia makin dipercaya oleh kalangan internasional. Terbukti saat para mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Pameran Posko Visual Internasional,  perupa DKV dari 20 negara tercatat ikut mengirimkan karyanya.

Berdasarkan info panitia, karya mancanegara yang masuk berasal dari seluruh lima benua. Yakni Amerika (Amerika Serikat, Argentina, Kanada,.Meksiko), Eropa (Rusia, Ukraina, Swiss, Rumania, Perancis, Austria, Kurdistan dan Turki), Afrika (Libya), Asia (Singapura, China, Taiwan, Irak).

Karya para perupa DKV mancanegara itu dipamerkan bersama karya perupa DKV Indonesia di tempat pameran, Gedung Malang Creative Center (MCC), Blimbing. Kota Malang, mulai 23-27 October 2024. Termasuk ikut dipamerkan, karya para mahasiswa DKV UM.


Posko Visual 24-belqis disway malang-

Sekitar 500 karya berupa poster kreatif itu semuanya mengacu ke tema.Posko Visual 2024. Yaitu, Peacefulness and Serenity, dengan lima sub tema, yaitu Katakan Tidak pada Perang, Harmoni Budaya, Keaslian Diri, Kreativitas Bergairah, dan Keahlian yang Baik.

Dengan tema dan sub tema di atas, tidak heran jika banyak karya tentang Palestina, memamerkan karya-karya desain di Pameran Posko Visual Internasional dan banyak karya tentang Palestina dan isu perang lainnya.


Karya dari Carolina Serenelli dari Argentina. Judul “Love and Peace”--

Karya anti perang antara lain dari perupa Argentina. Ada juga karya dari yang  merujuk ke.lukisan Monalisa, namun dalam "pose" beda, dan diberi judul Lemonylisa.

Sudah Sepuluh Kali

Posko Visual 2024 awalnya adalah kegiatan yang merupakan  bagian dari Mata Kuliah Wajib Pameran Prodi DKV, untuk semester 7. Para mahasiswa DKV diwajibkan menampilkan karyanya di ajang ini. 

Karya yang dipamerkan berupa poster dengan berbagai jenis desain. Mulai dari lukisan digital, ilustrasi, hingga desain grafis. 

Setelah digelar beberapa kali, Posko Visual tidak lagi sebatas memamerkan karya mahasiswa DKV UM..Perupa.dari luar UM mulai ikut, bahkan dari luar negeri seperti pada.Posko Visual 2024 yang merupakan pameran kesepuluh ini. 

Selain pameran utama, terdapat beberapa acara pendukung..Seperti diskusi panel bersama desainer ternama, workshop kreatif, visual mapping, Virtual Reality (VR) Art Jamming dan hal terbaru pada tahun ini merupakan Yoga Experience. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas wawasan pengunjung serta memberikan pengalaman interaktif yang lebih mendalam terkait dunia desain.

"Acara ini merupakan momentum berharga bagi kita semua. Khususnya, bagi mahasiswa DKV untuk menampilkan karya-karya kreatif dan inovatif yang dihasilkan dengan penuh dedikasi," tutur Wakil Dekan Fakultas Sastra UM yakni Dr. Edy Hidayat , S.Pd, M.Hum, saat membuka pameran. Saat itu, Edy didampingi Kepala Prodi DKV UM Andreas Syah Pahlevi, S.Sn., M.Sn.


Pengunjung diperbolehkan ikut membuat karya--

Kategori :