Bakso Malang, Mengapa Dijuluki Menu Sejuta Umat

Senin 16-09-2024,10:57 WIB
Reporter : Aqilah
Editor : Aqilah

KOTA MALANG, DISWAY MALANG.COM - Namanya masa libur pajang, jangan heran jika obrolan seputar tempat wisata, jalan-jalan dan kulineran. Nah, bicara seputar kuliner di Malang Raya, tentu tidak lepas dari salah satu kuliner yang sangat identik dengan Malang. Yaitu, bakso.

Bakso Malang adalah identitas bakso yang enak, banyak ragam isiannya, dan bisa jadi merupakan standar bakso nomor satu. Tidak heran, selain banyak ditemui dijual di berbagai pelosok Indonesia, di setiap acara pernikahan, pertemuan keluarga atau pertemuan lain yang ada sajian makannya, paling sering ditemui ada menu bakso Malang. Sampai ada sebutan, bakso Malang adalah menu sejuta umat. 

Tapi tahukah Anda bahwa bakso sebenarnya bukan kuliner asli Malang. Bakso asal muasalnya merupakan kuliner yang berasal dari Tiongkok. Istilah bakso sendiri berasal dari bahasa Hokkien yang artinya adalah daging giling. Di Tiongkok, seperti arti kata bak, daging yang dipakai adalah daging babi. 

Tapi, itulah hebatnya penduduk Indonesia. Merasakan bahwa masakan itu nikmat sekali, maka dilakukan penyesuaian. Daging yang dipakai pun disesuaikan dengan mayoritas penduduk Indonesia yang muslim, menjadi daging sapi, ayam, bahkan ikan. 

Lebih hebat lagi adalah warga Malang. Paduan bakso daging dengan kuah saja dirasa tidak cukup. Maka diciptakan lah beragam isian tambahan untuk melengkapi bakso daging itu, Ada tahu, pangsit, kekean (semua dalam dua versi, rebus dan goreng) dan berbagai isian tambahan lain 

Selain isi yang lebih beragam, untuk membedakan bakso Malang dengan bakso daerah lainnya, ada di kuahnya.  Bakso Malang memiliki kuah yang lebih gurih karena terbuat dari rebusan lemak daging, tulang, dan jeroan. Kuahnya pun lebih terlihat pekat, dibandingkan dengan bakso Solo misanya, yang memiliki kuah lebih bening. 

Mana yang lebih enak, bakso Malang atau bakso daerah lainnya? Tentu semua tergantung selera. Tapi, jika mengacu ke banyaknya penjual bakso Malang nyaris di seluruh pelosok Indonesia serta sebutan bakso Malang sebagai bakso sejuta umat yang nyaris jadi menu wajib dalam berbagai kegiatan yang ada sajian makanan prasmanannya, rasanya mudah untuk menemukan jawaban dari pertanyaaan tersebut! (*)

Kategori :