Dahlan Iskan Seharian Hebohkan MCC, Pagi Senam, Siang Bincang Bisnis dengan UMKM

Dahlan Iskan Seharian Hebohkan MCC, Pagi Senam, Siang  Bincang Bisnis  dengan UMKM

Dahlan Iskan memimpin senam di MCC, Minggu (8/9) pagi-disway.id-

BLIMBING, DISWAY MALANG.COM-- Kawasan Blimbing, khususnya sekitar Jalan Achmad Yani, heboh seharian kemarin, bahkan sejak pagi hari. Kehadiran Dahlan Iskan lah penyebabnya. Mantan Menteri BUMN yang juga dikenal sebagai pengusaha sekaligus "guru" bagi kalangan dunia usaha itu, datang ke Malang untuk menghadiri acara Bincang Bisnis Bersama Dahlan Iskan sekaligus Peluncuran Disway Malang yang diadakan di Gedung Malang Creative Center (MCC), Jalan Achmad Yani, Blimbing, Kota Malang, Minggu, 8 September 2024. 

Kehebohan sudah terjadi sejak pagi hari. Sekitar pukul 05.30, di teras depan Gedung MCC sudah terlihat berdatangan kumpulan orang berpakaian senam. Yang kali pertama datang adalah rombongan yang berbaju senam hijau pupus. Jumlahnya seratus orang lebih. Lalu, berikut  berduyun-duyun datang kelompok pegiat senam dengan kostum lebih menarik. Mereka pakai kebaya seragam warna merah, dan berkain di bagian bawahnya. Ibu-ibu itu dari komunitas Senam Budaya Kebaya Nasional (SBKN). Mereka datang tidak berbarengan. Hingga saat senam dimulai, jumlah pesenam berkebaya merah itu tidak kurang dari 50 orang.

Selain itu, juga datang para pegiat senam dari berbagai kalangan masyarakat. "Saya ingin ikut merasakan senam bareng Pak Dahlan. Terus, habis itu ingin foto-foto sama belia," kata Yuni, warga Batu yang datang bersama suami dan anaknya. Hal sama juga disampaikan Asri, salah satu manajer Bank Jatim. "Saya sebenarnya sudah lama tidak senam, tapi ingin senam sama beliau," kata Asri. 

Susi, pengusaha kuliner di Jalan Merapi, Kota Malang juga ikut senam dengan alasan tambahan. "Saya ingin Pak Dahlan mencicipi donat buatan saya. Ini donat sehat,'' kata wanita paruh baya yang salah satu usaha kulinernya adalah masakan dari iga dengan label Iga Top itu. 
Suasana senam bersama Dahlan Iskan di MCC Minggu (8/9). Peserta meluber hingga pinggir jalan dan lantai-lantai atas MCC-disway.id-

Begitu pukul 06.00 tepat, kehebohan makin menjadi. Karena saat itulah senam dimulai. Dahlan Iskan bersama beberapa instruktur bertindak sebagai pemandu dengan berdiri di bagian depan teras terbuka MCC yang menghadap jalan. Diiringi musik-musik yang enerjik, dia mulai senam, diikuti oleh dua ratusan peserta senam saat itu. Karena terasan MCC tidak cukup, sebagan peserta ada yang senam di jalan masuk MCC, di depan MCC persis pinggir jalan Achmad Yani, bahkan hingga di lantai-lantai yang lebih atas MCC. Tersaji lah pemandangan yang menarik dan heboh, antara lain berkat kehadiran 50-an ibu-ibu SBKN yang tampil dengan kebaya merah dan kain kuning keemasan di tengah-tengah kelompok senam berbaju hijau pupus. 
Karena teras bawah penuh, sebagian senam di lantai 3 dan lantai 4-disway.id-

Namun, yang lebih heboh terjadi begitu senam yang berlangsung sekitar 1,5 jam itu selesai. Para peserta berebutan ingin berfoto bersama Dahlan Iskan. Dahlan Iskan pun melayani.  "Saya senang bisa senam bersama Pak Dahlan. Kami siap membentuk komunitas senam Dahlan Iskan di Malang,'' kata Hadar, salah satu pegiat senam kebaya dari Gadang Kota Malang. 

Setelah kegiatan senam selesai, kehebohan berlanjut, saat Dahlan Iskan hadir di agenda berikutnya hari itu di MCC. Yakni, Bincang Bisnis bersama Dahlan Iskan. Bahkan, kehebohan berlanjut sejak Dahlan Iskan meninggalkan hotel tempatnya menginap di Malang, The Alana Hotel Malang. Dahlan memilih jalan kaki dari hotel yang berjarak sekitar 350 meter dari MCC itu. Maka sepanjang perjalanan menuju MCC itu, beberapa kali dia harus berhenti, karena ada saja yang meminta foto bersama. 
Dahlan Iskan jadi rebutan ajakan foto bersama usai senam-Belqis/diswaymalang-

Demikian pula, saat dia masuk ke Gedung MCC, berlanjut menuju lokasi acara di Lantai 7 Gedung MCC. Dahlan Iskan terus tertahan dengan permintaan foto bersama, yang semuanya dilayani. Saat itu di MCC juga berlangsung Pameran UMKM Ragam Pesona UMKM Jatim yang diselenggarakan Bank Jatim Cabang Malang dan didukung Disway Malang. Tidak heran, pengunjung ramai, termasuk mereka yang adalah para peserta Bincang Bisnis bersama Dahlan Iskan yang sudah berdatangan lebih awal. 

Puncak kehebohan tentu saja saat berlangsung kegiatan Bincang Bisnis bersama Dahlan Iskan di Auditorium MCC di Lantai 7. Begitu masuk seminar, Dahlan Iskan sudah disambut hangat dengan tepuk tangan oleh sekitar 400 peserta bincang bisnis. Bahkan, beberapa peserta langsung mendekat, berebut foto bersama. Para penggemar itu, baru berhenti, karena acara dimulai. 

Saat Bincang Bisnis, Dahlan Iskan yang kini juga merupakan istruktur utama dari Sekolah CEO itu, juga mendapat banyak tepuk tangan, karena gayanya yang menarik. Dipandu oleh Imawan Mashuri,  founder Radio City Guide 91.1 Malang dan Arema Media Group, Bincang Bisnis saat itu memang tidak dengan format seperti presentasi. Dahlan Iskan lebih memilih mengundang peserta untuk tampil di depan dan berbincang-bincang tentang bisnisnya. Peserta pun banyak yang sering bertepuk tangan dan tertawa, karena kadang terjadi dialog yang menarik antara Dahlan Iskan dengan para UMKM yang diundang ke panggung, terkait dengan bagaimana para UMKM itu mengelola bisnisnya. 

Selain itu, secara khusus juga diundang sebanyak 13 UMKM wakil dari13 Cabang Bank Jatim yang ikut dalam kegiatan Pameran UMKM Bank Jatim di MCC itu. Kembali terjadi kehebohan, karena banyak dialog-dialog yang menarik antara Dahlan Iskan dengan 13 UMKM yang tampil itu. 

Kehebohan masih berlanjut, begitu Bincang Bisnis usai. Begitu Dahlan Iskan turun dari podium langsung diserbu dengan permintaan foto bersama. Begitu pula, saat dia meninggalkan MCC. Dahlan Iskan sampai harus berlari-lari karena para UMKM yang saat itu membuka booth di Pameran UMKM Bank Jatim itu banyak yang memintanya mampir ke booth mereka. "Saya mohon maaf, karena tidak mungkin bisa mampir ke semua booth, karena itu biar adil ya tidak semuanya. Tapi, saya apreasi dengan para UMKM maupun Bank Jatim yang menyelenggarakan kegiatan ini. Luar biasa," kata Dahlan Iskan. 

Selesai dari kegiatan Bincang Bisnis bersama Dahlan Iskan yang diselenggarakan Disway Malang bersama Bank Jatim Cabang Malang itu, Dahlan Iskan menuju studio Radio City Guide 91.1 Malang. Di studio radio terutama di Malang Raya itu, Dahlan Iskan melanjutkan kegiatan dengan melakukan rekaman pod cast dengan topik kesehatan. Dan, tahukah, di teras studio Radio 91.1 pun ada tidak kurang dari belasan penggemar Dahlan Iskan yang setia menunggui Dahlan Iskan selesai pod cast, untuk minta foto bersama! (*)

 

Sumber: