Jaga Kualitas Air, PDAM Tugu Tirta Terus Perbaiki Saluran Air

Jaga Kualitas Air, PDAM Tugu Tirta Terus Perbaiki Saluran Air

--

KOTA, DISWAY MALANG.COM-- Pilih mana lalu lintas terganggu tapi sesaat, dibandingkan dengan mendapatkan air minum yang terjaga kualitasnya? Bisa jadi itulah yang harus dipertimbangkan warga, jika mendapati arus lalu lintas tersendat, atau perjalanan terganggu akibat ada kegiatan perbaikan pipa air minum. 

Sebagaimana yang terlihat di Jalan Jombang, Kamis (6/9). Sejumlah pekerja tampak melakukan pekerjaan menggali dan membongkar sebidang ruas jalan di Jalan Jombang. Pekerjaan diawali dengan tahap pelubangan aspal menggunakan linggis. Setelah itu, pekerja menggali sisa-sisa aspal yang berupa batu hingga mencapai kedalaman lebih dari satu meter. Setelah lapisan aspal dan material lainnya disingkirkan, muncul air dari dalam tanah yang kemudian dialirkan ke samping bahu jalan. Air itu muncul dari pipa distribusi yang bermasalah, baik bocor atau pun mengalami kerusakan lain. Pipa yang bocor atau mengalami kerusakan lain itulah, yang kemudian diperbaiki. 

Akibat pekerjaan itu, sebagian ruas jalan berlubang. Meski, tidak terlalu dalam. Selain itu, di pinggiran lubang tersebut ada tumpukan material jalan bekas galian. Hal itu menyebabkan, bidang jalan tersebut tidak bisa dilewati. Akibatnya, sempat menimbulkan gangguan, khususnya saat arus lalu lintas sedang padat. 

Namun, hal tersebut ternyata tidak dianggap sebagai gangguan yang berarti oleh warga. Warga bisa memaklumi kalau akibat pekerjaan tersebut, arus lalu lintas sempat tersendat. "Yang penting, tidak ada suara bising yang mengganggu," kata Ratna, warga sekitar yang ditemui Disway Malang. .

Pihak Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tugu Tirta menjelaskan, bahwa pekerjaan perbaikan tersebut, dilakukan di beberapa titik di Kota Malang. Khususnya, di lokasi=lokasi yang sudah ditandai sebagai lokasi keberadaan pipa distribusi air minum yang kondisinya sudah cukup tua. "Ini sebagai langkah antisipasi dan perawatan,'' kata seorang petugas Perumda Air Minum Tugu Tirta, yang ditemui di Jalan Jombang tersebut. 

Menurut petugas tersebut, perbaikan saluran pipa secara rutin ini merupakan langkah penting yang dilakukan oleh Perumda Tugu Tirta untuk menjaga kualitas layanan dan memastikan ketersediaan air bersih bagi pelanggan. Dengan perbaikan ini, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya gangguan distribusi air di masa mendatang. (*) 

 

 

Sumber: