Panas Terik Melanda Malang, Ini Tips Menjaga Kulit Saat Cuaca Panas

Panas Terik Melanda Malang, Ini Tips Menjaga Kulit Saat Cuaca Panas

Ilustrasi orang terkena langsung dengan sinar matahari di cuaca panas --freepik

KOTA, DISWAY MALANG.COM -  Cuaca Kota Malang sedang tidak menentu. Misalnya belakangan ini, di Kota Malang sedang terasa panas sekali. 

Salah satu dampak dari cuaca panas adalah kondisi kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari. Terkena sinar UV secara Berlebihan bisa menyebabkan iritasi, kemerahan, hingga kanker pada kulit. 

Untuk menghindari munculnya masalah-masalah pada kulit, berikut adalah tips menjaga kulit tetap sehat di cuaca panas. 

1. Jaga tubuh agar tetap terhidrasi 

Kurangnya cairan pada tubuh dapat menyebabkan masalah pada kulit. Kulit yang dehidrasi dapat menyebabkan iritasi, kemeriahan, dan kulit kering. Pastikan untuk meminum air sebelum merasa haus. Gunakan juga pelembab atau lotion agar kulit tetap terjaga kelembapannya. 

2. Gunakan bahan pakaian yang nyaman 

Gunakan baju yang bertahan ringan serta longgar di tubuh. Seperti bahan katun atau linen yang dapat menyerap keringat. Serta jangan menggunakan baju berawan gelap yang dapat menyerap panas lebih cepat. Gunakan warna-warna terang seperti krem, putih, atau warna pastel. 

3. Hindari paparan cahaya matahari secara langsung 

Sinar matahari yang paling terik adalah pada pukul 11 siang hingga pukul 3 sore. Hindari paparan cahaya matahari secara langsung dengan berteduh dan tidak melakukan aktivitas olahraga diluar ruangan. 

4. Gunakan tabir surya 

Tabir surya adalah pelindung utama kulit dari sinar UVA dan UVB yang dipancarkan matahari. Ada dua cara menghindari paparan sinar UVA dan UVB, yaitu kimiawi dan fisik.  Sunscreen adalah penyaring sinar matahari (secara kimiawi). Gunanya untuk menyerah radiasi sinar UV. Gunakan sunscreen minimal dengan SPF 30. Sedangkan secara fisik yaitu menggunakan sunblock atau tabir surya. Sunblock dapat membangun lapisan pelindung di atas kulit dari sinar matahari dan dapat menghalangi sinar matahari yang berbahaya untuk kulit. 

5. Rutin membersihkan wajah 

Cuaca Panas dapat meningkatkan minyak berlebih di kulit. Sehingga pori-pori kulit bisa tersumbat dan menyebabkan jerawat. Karena itu penting untuk membersihkan wajah di pagi dan malam hari. Kulit bisa terasa segar dan bersih. Pori-pori yang bersih dapat mengurangi munculnya komedo dan jerawat. 

6. Gunakan produk bertahan vitamin C

Sumber: