Lolos Empat Besar, Kota Malang Akan Divisitasi Lagi untuk jadi Kota Kreatif Dunia

Lolos Empat Besar, Kota Malang Akan Divisitasi Lagi untuk jadi Kota Kreatif Dunia

Materi promo Festival Mbois 2024--i.g mcf

JAKARTA, MALANGDISWAY.COM-- Kota Malang makin dekat untuk menjadi Kota Kreatif Dunia. Ini setelah Kota Malang maju setahap.lagi, jadi empat besar kota unggulan Indonesia untuk masuk UNESCO Creative Center Network atau jejaring Kota Kreatif Dunia

Kepastian masuk empat besar itu disampaikan melalui pemberitahuan dari  Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Kota Kreatif Dunia, kepada Pj. Wali Kota Malang, c.c. Kepala.Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang Dwi Rahayu, Senin, 23 September 2024, sore. Senin itu juga, pada siang harinya, Dwi Rahayu memimpin tim Kota Malang presentasi road map dan program Kota Malang, di Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Krearif (Kemenparekraf). Presentasi ini merupakan bagian dari seleksi  tahap II penunjukan kota unggulan Indonesia untuk jadi Kota Kreatif Dunia. 

Dwi Rahayu yang juga Ketua Komite Ekonomi Kreatif (KEK) Kota Malang, didampingi dua pengurus KEK Kota Malang lainnya. Yaitu, Vicky Arief H. (Wakil Ketua KEK Kota Malang) dan Amar Alpabet.

Juga ikut mendampingi Dadik Wahyu Chang, koordinator Malang Creative Fusion (MCF). Sementara Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan yang sedianya memimpin presentasi, batal, karena saat bersamaan harus menghadap presiden. 


Dwi Rahayu memimpin presentasi program Kota Malang menuju Kota Dunia di Kantor Kemenparekraf, Senin (23/9) didampingi pengurus KEK Kota Malang lain dan Koordinator MCF--KEK Kota Malang

Dalam presentasi, Dwi Rahayu memaparkan bahwa telah terbentuk ekosistem ekonomi.kreatif di Kota Malang.  Antara lain ditunjang keberadaan Gedung Malang Creative Center (MCC). Sejak dioperasikan per awal 2023, di MCC telah digelar. ribuan event yang melibatkan ribuan pelaku ekonomi kreatif dengan ratusan ribu penerima manfaat. 

BACA JUGA:Aktivasi dan Kemanfaatan MCC Andalan Kota Malang jadi Kota Kreatif Dunia

Selain itu, juga dipaparkan keberadaan ruang kreatif,  para talenta kreatif dan berbagai program kreatif yang sudah dan akan diselenggarakan di Kota Malang. Untuk yang terakhir ini, antara lain Festival Mbois IX yang dijadwalkan pada November 2024 ini. 

Visitasi Lagi

Dalam pemberitahuan kelolosan empat besar unggulan wakil Kota Kreatif Dunia itu, juga disebutkan bahwa Panselnas dan Kemenparekraf akan kembali mengunjungi kota-kota yang lolos empat besar unggulan Kota Kreatif Dunia. Untuk Kota Malang, jadwal visitasi atau kunjungan adalah pada 25-27 September 2024. 

Selain Malang, tiga kota lain yang lolos empat.besar adalah Kota Makassar, Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Tangerang.

Kota Malang mengajukan diri untuk menjadi Kota Kreatif Dunia 2025 untuk katagori media arts. Indonesia sendiri telah memiliki lima kota yang telah masuk jejaring Kota Kreatif Dunia. Namun, kelimanya belum ada yang katagori media arts. Lima kota itu adalah Pekalongan dan Solo (katagori kerajinan dan seni rakyat), Ambon (musik), Bandung (disain) dan Jakarta (kota literasi). (*)

 

Sumber: