Arek Sumbersari Borong Dua Emas PON Aceh-Sumut 2024

Arek Sumbersari Borong Dua Emas PON Aceh-Sumut 2024

Izzy Dwifaiva Hefrisyanthi--indoakuatik

MEDAN, DISWAY MALANG.COM-- Izzy Dwifaiva Hefrisyanthi mencatat prestasi yang mboys looop akhir pekan ini. Tampil di ajang Pekan Olahraga Nasional XXI yang diselenggarakan di dua provinsi --Aceh dan Sumatera Utara (Sumut)-- atlet renang yang tinggal di Jalan Bendungan Sutami, Sumbersari, Kota Malang ini, mempersembahkan dua medali emas bagi kontingen Jawa Timur (Jatim).  

Alumnus SMAN 4 Malang ini mengawali suksesnya dengan meraih medali emas di nomor perorangan 400 meter gaya bebas putri. Tampil di Kolam Renang Selayang, Kota Medan, Sabtu, 14 September 2024,  Izzy menjadi yang tercepat dalam nomor tersebut, dengan catatan waktu 4 menit, 23,17 detik. Dikutip dari laman kominfo.jatimprov.go.id, dengan catatan waktu tersebut, Izzy berhak atas medali emas. Dia mengalahkan rekan sesama Jatim, Adinda Larasati yang berada di posisi runner up, dan berhak atas medali perak.

Tak cukup dengan satu medali emas, beberapa jam berikutnya, Izzy kembali menyumbang medali emas bagi kontingen Jatim.  Kali ini dari nomor estafet 4 x 200 gaya bebas putri. Izzy bersama Adinda Larasati dan dua rekan lainnya --yaitu Reza Kania Dewi dan Patricia Yosita Hapsari-- menjadi yang tercepat di nomor tersebut, setelah mencatatkan waktu 8 menit, 28,9 detik. Hebatnya, catatan waktu ini juga memecahkan rekor PON di nomor estafet 4 x 200 meter putri.

Bagi Izzy, raihan dua medali emas hingga pekan ini pada PON 2024 di Aceh-Sumut, berarti mengulang prestasinya pada PON sebelum ini, yakni PON XX di Papua tahun 2021. Berdasarkan data dari website KONI Kota Malang, waktu itu, Izzy meraih dua medali emas dan satu medali perunggu. 

Sementara dari data indoakuatik, Izzy juga memiliki prestasi bagus di nomor 1.500 gaya bebas putri. Bahkan, cewek berkacamata itu tercatat sebagai pemegang rekor nasional untuk nomor tersebut, pada kelompok usia 16-18 tahun. 

Di level internasional, Izzy juga sudah meraih prestasi top. Antara lain berhasil meraih medali emas pada nomor 5 kilometer renang perairan terbuka di kejuaran 1st SEA Open Water Swimming Championship di Malaysia, tahun 2023 lalu. Selain itu, dia juga beberapa kali memenangkan medali emas dalam kejuaraan internasional di Turki, Singapura dan juga Malaysia antara tahun 2020-2022. (*)

 

.

Sumber: kominfo.jatimprov.go.id dan berbagai sumber