Catat! Wisata Alam di Kota Batu Ini Gratis alias Tidak Bayar

Catat! Wisata Alam di Kota Batu Ini Gratis alias Tidak Bayar

ilustrasi pemandangan alam kota batu --fre

BATU, DISWAY MALANG.COM - Mumpung  masa liburan belum habis, dan jika kebetulan Anda sedang berada di Kota Batu dan sekitarnya, sudah selayaknya meneruskan eksplorasi kota di sebelah Kota Malang yang memang terkenal dengan julukan sebagai kota wisata. Apalagi kota  yang berdasarkan data jumlah wisatawan termasuk yang terbesar di Indonesia bersama Bali dan Yogjakarta itu, memiliki obyek wisata yang lengkap. Mulai wisata hiburan, kuliner, edukasi, dan alam semua ada di Kota Batu. 

Nah, yang menarik, di Kota Batu juga ada beberapa tempat wisata yang gratis alias tidak dikenakan biaya untuk menikmatinya. Meski, gratis, namun tempat wisata berikut tetap menarik, bagus buat menikmati pemandangan alam sekaligus untuk berfoto ria.

Mana saja tempat wisata gratis di Batu? Berikut daftarnya. 

1. Pasar Bunga Sekar Mulyo Desa Sidomulyo 

Wisata yang satu ini merupakan pasar yang menjual berbagai tanaman bunga. Letaknya berada di Jalan Cemara Kipas, Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Di sana terdapat lebih dari 87 kios penjual bunga dengan beraneka ragam tanaman. Mulai dari bougenville, anggrek, melati, mawar dan masih banyak lagi. Tak hanya itu pengunjung juga bisa menikmati pemandangan gunung juga. Di sisi utara dapat terlihat Gunung Arjuno dan Welirang. Pasar bunga ini memiliki jam buka dari pukul 7 pagi hingga setengah 6 sore. 

2. Bukit Bintang 

Bukit Bintang berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Dari atas bukit, pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan alam Kota Batu, apalagi jika pada malam hari pemandangan Kota Batu nampak seperti bintang bintang. Terdapat aktivitas yang bisa dilakukan di Bukit Bintang seperti berkuda, bermain ATV, hingga flying fox pun bisa dilakukan. Bukit Bintang terletak di Jalan Sultan Agung, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. 

3. Bukit Brakseng 

Selain Bukit Bintang, di Bukit Brakseng juga menyajikan pemandangan Kota Batu serta Gunung Arjuno dan Kawi. Bukit ini cocok untuk menyaksikan matahari terbit dan matahari terbenam. Lokasi nya berada di Desa Sumber Brantas, Cangar, Kota Batu. 

Selain pemandangan pegunungannya yang memukau, terdapat kebun teh dan sayuran di sekitar. Sehingga menampakkan pemandangan alam yang begitu asri. Hanya saja, meski masuk ke lokasi wisatanya gratis, namun ada biaya parkir. Yakni, sebesar Rp 5.000 untuk sekali parkir. (*)

 

Sumber: