UIN Malang Gelar Pekan Kunjungan Perpustakaan, Ajak Mahasiswa Lebih Dekat dengan Buku

UIN Malang Gelar Pekan Kunjungan Perpustakaan, Ajak Mahasiswa Lebih Dekat dengan Buku

Suasana di perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim--

LOWOKWARU, DISWAY MALANG.COM-- Pekan Kunjungan Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang 2024 kembali digelar dengan berbagai kegiatan produktif. Sejak tanggal 12 hingga 17 September 2024, berbagai kegiatan menarik dan edukatif disiapkan untuk mengajak seluruh sivitas akademika UIN Malang lebih aktif memanfaatkan fasilitas Perpustakaan.


Salah satu kegiatan yang menjadi sorotan adalah workshop mengenai wikisource yang diselenggarakan pada  Kamis, 12 September 2024. Workshop ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk belajar lebih dalam tentang kontribusi dalam proyek-proyek Wikimedia, seperti Wikipedia. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin meningkatkan literasi digital dan berbagi pengetahuan.


Pada Jumat, 13 September 2024, ada dua kegiatan menarik lainnya. Yaitu, Bedah Buku Rekayasa Perangkat Lunak. Dalam Bedah Buku ini, dibahas secara mendalam tentang kajian teoritis dan praktis dalam bidang rekayasa perangkat lunak, dengan pemateri Dr.Muhammad Ainul Yaqin, M.Kom dan Prof.Dr. Suhartono, M.Kom. Pada sesi diskusi tersebut, pemateri menjelaskan pentingnya aspek digital seperti e-sertifikat untuk mengetahui kemampuan kita tanpa perlu tes. Lalu, pemateri juga turut memberikan informasi mengenai proses penyusunan buku perlu memperhatikan kedetailan nya, seperti penulisan buku dimulai dengan pemilihan judul yang viral atau popular, pertimbangan tentang isi dan model buku.


Bazaar buku di Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim-Belqis/diswaymalang-

Sementara itu, pada siang hari, yakni pukul 13.00 WIB, digelar Workshop Turnitin, berupapelatihan bagi para staf UIN Malang mengenai penggunaan aplikasi Turnitin untuk mencegah plagiarisme dalam karya ilmiah.


Untuk agenda berikut,  pada Selasa, 17 September 2024 akan digelar kegiatan Bedah Buku Animation Creator Menggunakan Animate CC. Kegiatan ini utamanya ditujukan untuk  mahasiswa yang tertarik dengan dunia animasi.

Heni Kurnia Ningsih, Ketua Pelaksana Pekan Kunjungan Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim mengatakan, bahwa kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun. "Tahun ini masuk tahun ketiga pelaksanaan," katanya. 


Sebagai pelengkap, selama Pekan Kunjungan Perpustakaan berlangsung juga diadakan Bazar Buku dengan berbagai promo menarik. Ini adalah kesempatan bagi pengunjung untuk menambah koleksi buku dengan harga yang terjangkau. Berbagai jenis koleksi buku tersedia dari koleksi Pustaka Obor Indonesia, seperti buku Perempuan di Titik Nol.  Lalu toko buku diskon Toga Mas,  yang menyediakan berbagai buku bacaan agama islam seperti Al-qari, As-samad, dan berbagai jenis buku tes Bahasa inggris di halaman luar. (*)


Sumber: