Kota Batu Juga Zona Hijau, Juga Raih Penghargaan Ombudsman
Pj. Aries Agung Paewai saat meninjau pelaksanaan layanan di Dispendukcapil Kota Batu, Dispendukcapil Kota Batu termasuk salah satu yang dinilai dalam penilaian Ombudsman RI--instagram official: prokopim_kwb
KOTA BATU, DISWAYMALANG.ID-- Pemerintahan Kota (Pemkot) Batu juga termasuk salah satu dari 37 Kota/Kabupaten di Jawa Timur yang mendapatkan penghargaan dari Ombudsman RI. Yakni, penghargaan dalam hal kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik.
Berdasarkan penilaian Ombudsman, nilai kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik Pemkot Batu tahun ini adalah 82,28. Atau, naik 3,09 poin dari nilai tahun 2023, 79,19. Dengan nilai tersebut, Pemkot Batu masuk Zona Hijau kualitas tinggi.
Dalam kriteria penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik oleh Ombudsman RI, ada tiga zona hasil penilaian. Zona Merah berarti nilai kepatuhannya buruk, Zona Merah sedang dan Zona Hijau adalah hasil penilaian katagori baik
Zona Hijau terbagi dalam kategori. Yaitu kualitas tinggi dengan interval nilai 78,00-87,99. Lalu, kategori kualitas tertinggi yang berada pada interval nilai 88,00 - 100.
BACA JUGA:Kini Masuk Zona Hijau, Pemkab Malang Raih Penghargaan Kepatuhan dari Ombudsman RI
.
Nilai tinggi tersebut diperoleh Pemkot Batu atas penilaian yang tahun ini dilakukan di lima unit kerja di lingkungan Pemkot Batu.Yaitu:
- Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dengan capaian nilai 80,99 zona hijau kualitas tinggi.
- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) dengan capaian 80,54 zona hijau kualitas tinggi
- Dinas Sosial dengan capaian nilai 78,80 zona hijau kualitas tinggi
- Puskesmas Batu dengan capaian nilai 86,32 zona hijau kualitas tinggi
- Puskesmas Beji dengan capaian nilai 90,89 zona hijau kualitas tertinggi
Atas penghargaan tersebut, Pj Wali Kota Batu menyampaikan apresiasi kepada seluruh OPD dan masyarakat. Menurut dia, penghargaan ini adalah hasil kerja keras bersama.
"Semoga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik Pemerintah demi kesejahteraan masyarakat Kota Batu," katanya.
Capaian nilai kepatuhan yang tinggi ini, menurut dia, membuktikan komitmen Pemkot Batu pada pelayanan prima. Sekaligus, menjadi pendorong untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. (*)
Sumber: instagram official prokopim_kwb