GoFood Kuasai Layanan Pesan Antar Makanan Online Awal 2025
GoFood rajai industri pesan antar makanan online awal 2025--GoTo
MALANG, DISWAYMALANG.ID-- Tren memesan makanan secara daring kian menguat di Indonesia, terutama setelah pandemi Covid-19.
Kini, memesan makanan lewat aplikasi telah menjadi gaya hidup baru masyarakat. Kehadiran berbagai platform pesan antar makanan semakin memudahkan masyarakat untuk menikmati makanan favorit mereka tanpa perlu keluar rumah.
Menurut data yang dirilis oleh GoodStats melalui survei Jakpat bertajuk Consumer Behavior in Online Food Delivery 2025, GoFood menempati posisi teratas sebagai aplikasi yang paling sering digunakan oleh masyarakat untuk memesan makanan secara online.
Sebanyak 38 persen responden memilih GoFood, dengan mayoritas pengguna berasal dari kalangan generasi X.
Di posisi kedua terdapat ShopeeFood yang digunakan oleh 29 persen responden, dengan dominasi pengguna dari generasi Z.
Sementara GrabFood berada di urutan ketiga dengan persentase 27 persen. Sisanya, sekitar 4 persen responden memilih menggunakan aplikasi pesan makanan lainnya.
Menu Makanan dan Minuman yang Sering dipesan
GoFood sebelumnya telah merilis data mengenai jenis makanan dan minuman yang paling laris sepanjang 2024.
Nasi ayam menjadi menu terpopuler yang paling banyak dipesan. Sementara di kategori minuman, kopi menempati posisi teratas. GoFood juga memprediksi bahwa di tahun 2025, minuman seperti Americano dan jajanan khas Sunda seperti seblak akan menjadi pilihan utama konsumen.
Hasil survei GoodStats juga menunjukkan bahwa hampir separuh responden memanfaatkan layanan pesan antar makanan untuk membeli camilan.
Sekitar 50 persen dari mereka memilih martabak sebagai snack yang paling sering dipesan, disusul oleh roti yang dipilih oleh 37 persen responden.
Jajanan khas Jawa Barat seperti cimol, cilok, dan seblak juga menjadi favorit bagi 36 persen responden.
Untuk kategori minuman, kopi tetap menjadi andalan. Sebanyak 54 persen responden mengaku rutin membeli kopi melalui aplikasi pesan makanan.
Umumnya, mereka mengeluarkan biaya sekitar Rp40.000 hingga Rp50.000 setiap kali membeli kopi secara online.
Generasi milenial dan Z menjadi kelompok yang paling sering memesan kopi, sedangkan generasi X cenderung lebih menyukai jus atau minuman sejenis.
Sumber: goodstats
