1 tahun disway

Generasi dan Kelas Sosial Pengaruhi Pilihan Jajanan Online, Martabak dan Kopi Masih Favorit

Generasi dan Kelas Sosial Pengaruhi Pilihan Jajanan Online, Martabak dan Kopi Masih Favorit

Ilustrasi martabak manis--pinterest

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyebut Indonesia juga berhasil menempati peringkat kedua sebagai negara tujuan investasi digital terbesar di kawasan, dengan nilai mencapai US$21,97 miliar.

Tak berhenti di situ, proyeksi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia diperkirakan melonjak hingga empat kali lipat pada 2030, dengan estimasi nilai mencapai US$210 hingga US$360 miliar.

Transformasi digital juga memberikan dampak nyata pada pelaku UMKM. Dari sekitar 64 juta UMKM yang telah masuk ke ekosistem digital, banyak di antaranya merasakan manfaat langsung. 

Mengutip dari GoodStats, Studi INDEF tahun 2023 menunjukkan bahwa pelaku usaha mikro dan kecil yang sejak awal menjalankan bisnis secara online mengalami peningkatan omzet rata-rata tahunan hingga 50 persen, bahkan 11,9 persen di antaranya mencapai kenaikan hingga dua kali lipat.

Selain kenaikan omzet, para pelaku UMKM juga mengakui sejumlah keuntungan dari digitalisasi, seperti kemudahan operasional (72,83 persen), jangkauan pasar yang lebih luas (72,83 persen), dan potensi pertumbuhan bisnis yang lebih pesat (69,69 persen).

Sumber: goodstats