Disbudpar Fasilitasi Pertemuan Komunitas Pengembang Game Lokal dengan Conten Creator

Kamis 28-08-2025,11:00 WIB
Reporter : Aura Sabrina
Editor : Agung Pamujo

MALANG, DISWAYMALANG.ID - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Timur memfasilitasi pertemuan antara komunitas game development lokal dengan para  content creator di di Taman Krida Budaya Jawa Timur, Malang, dua hari ini. Yakni, Rabu (27/8) dan Kamis (28/8) 

Pertemuan yang juga diprakarsai komunitas Game Development Malang (GDM) dan Game Dev Surabaya (GADAS), dan juga Tombol Start Media ini diberi tajuk  "Meet Up Game Content Creator."  Juga hadir dalam pertemuan ini, para content creator dan juga media. Tujuan pertemuan, untuk mengenalkan industri game lokal yang menjadi pilar kiprah industri ini.

Acara ini dibuka dengan sambutan Lanang Agung dari Tombol Start Media. Dia memaparkan, pentingnya melibatkan para content creator beserta awak media dengan para pelaku industri game lokal. Yakni, untuk mempromosikan pengembangan game lokal.

"Jangan tunggu game lokal kita sukses dulu di luar, kita coba dulu dengan menggaet para content creator di sini," ujarnya.

BACA JUGA:Playoffs DBL Malang Dimulai Kamis (28/8) Siang Ini, Dua Finalis Tahun Lalu Langsung Tampil!

Matchmaking dan Networking Seru

Ricky Fabriano selaku ketua komunitas GDM yang mendapat giliran bicara berikutnya menyampaikan harapan agar studio pengembangan game lokal yang sudah bergabung untuk terus melahirkan game-game berkualitas. Sehingga, dapat menjadi studio yang dapat berkarir luas dan meroket.

Ricky juga menyampaikan harapan untuk bentuk kolaborasi antara pemerintah dan komunitas adalah trust and freedom. Yang berarti, industri game diberi kebebasan, tapi juga harus bertanggungjawab dan dapat menjaga kepercayaan yang diberikan.

Sesi selanjutnya menghadirkan Novita, seorang Community Manager di Stairway Games yang terkenal dengan game tembus mancanegaranya yang berjudul Coral Island.


-Rizki Febriansyah-Istimewa

Novita membagikan kisah seputar sepak terjang Coral Island yang dapat menembus pasar internasional dengan strategi pemasaran yang terstruktur untuk mendapatkan perhatian luas.

Ia juga mengangkat tema tentang peran community manager dalam suatu tim. Community management yang efektif dapat dilakukan dengan memilih prioritas dalam channel utama, yang penting tidak mengejar semuanya dalam satu waktu.

Penjadwalan konten juga harus diperhatikan dengan interval waktu yang teratur, dengan format template yang nantinya dapat menjadi brand awareness.

Tidak lupa dengan kolaborasi yang melibatkan semuanya, dengan membangun networking dengan sesama game developer, content creator, dan press yang mungkin akan tertarik dengan pengembangan game.

Testimoni Pengembang

Kategori :