1.469 Sarjana Baru UB Malang Akan Diwisuda Pekan Ini, Tiga Raih IPK 4, Dua Masih 20 Tahun

Jumat 18-10-2024,07:09 WIB
Editor : Agung Pamujo

LOWOKWARU, DISWAYMALANG.COM-- Rangkaian gelar wisuda perguruan tinggi di Malang dalam dua pekan akhir Oktober ini akan dimulai dengan gelar wisuda di Universitas Brawijaya (UB). Kampus yang berlokasi di antara dua jalan --yakni Jalan Veteran dan Jalan MT. Haryono, Lowokwaru, Kota Malang-- ini akan menggelar dua kali wisuda secara berturutan. Yakni, pada Sabtu, 19 Oktober 2024 dan Minggu, 20 Oktober 2024. 

Data dari Humas UB yang disampaikan ke Disway Malang, total akan ada 1.469 lulusan yang akan diwisuda pada dua kali gelar wisuda itu. Rinciannya, 741 wisudawati/wisudawan untuk Upacara Wisuda UB Periode VII yang akan digelar Sabtu (19/10). Lalu, 728 wisudawati/wisudawan untuk Upacara Wisuda UB Periode VIII yang akan digelar Minggu (20/10). 

Untuk wisuda Periode VII, dari 18 fakultas di UB (termasuk Pasca Sarjanan dan Vokasi) yang paling banyak akan diwisuda adalah lulusan Fakultas Teknik dengan 86 wisudawati/wisudawan. Namun, untuk periode VIII, Fakultas Pertanian yang memegang rekor terbanyak, dengan 82 wisudawati/wisudawan. 

Pada dua kali wisuda itu, ada tiga wisudawati dan wisudawan yang meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna, yaitu 4. Ketiganya merupakan lulusan program pasca sarjana.

Yakni, Dr. Carri Noer Fida Yanik, dari Program Studi (Prodi) Ilmu Lingkungan (S3) dan Fachira Haneinanda Junianto, M.Stat dari Prodi Ilmu Statistik (S2). Dua nama ini untuk gelar wisuda Periode VII. 

Sedangkan untuk gelar wisuda Periode VIII, ada satu yang meraih nilai sempurna. Yaitu, Dr Astri Anto, dari Prodi Ilmu Pertanian.

Untuk lulusan termuda tingkat S1, pada gelar wisuda Periode VII yang ditetapkan sebagai calon wisudawan dengan usia paling muda adalah Joshua Basar Manatap Silitonga, S.Pi. Joshua baru berusia 20 tahun saat dinyatakan lulus dari  Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelauta. Dia meraih IPK 3.26. 

Sedangkan untuk periode VIII, yang dinyatakan sebagai lulusan termuda adalah Audya Irefilevitasari Alifia, S.Kom. dari Fakultas Ilmu Komputer. Seperti juga Joshua, Audya juga baru berusia 20 tahun saat menyelesaikan kuliahnya, dengan IPK cukup tinggi, 3,73.

Sementara itu wisudawati/wisudawan dengan masa kelulusan tercepat (untuk S1), untuk Periode VII tercatat atas nama Ibrahim Sambata Sarborn, S.Kom. Wisudawan dari Fakultas Ilmu Komputer ini bisa menyelesaikan kuliahya dalam waktu 3 tahun 4 bulan. Dengan IPK, 3.9.

Sedangkan untuk Periode VIII, Thalita Kanaya Silitonga, S.Ked. dari Fakultas Kedokteran tercatat sebagai yang tercepat. Hebatnya, meski menyelesaikan studi S-1 nya dalam waktu 3 tahun 5 bulan saja, Thalita tercatat juga sebagai pemegang rekor IPK tertinggi untuk S1 yang diwisuda pada Periode VIII in. IPK Yani, dengan IPK 3,96. (*)

 

Kategori :