BTN Sponsori Arema FC dan Dua Klub Liga 1 Lainnya untuk Dukung Sepak Bola Nasional

Kamis 12-06-2025,16:26 WIB
Editor : Agung Pamujo

JAKARTA, DISWAYMALANG.ID – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) resmi menjadi sponsor bagi Arema FC untuk kompetisi Liga 1 Nasional. Selain Arema FC, BTN juga menjadi sponsor dua klub Liga 1 Nasional lain, Persita Tangerang, dan PSM Makassar, 

Penandatanganan kerja sama sponsorship antara manajemen BTN dan tiga klub sepakbola tersebut dilaksanakan di Menara 1 BTN, Jakarta, pada Kamis, 12 Juni 2025. Kerja sama ini disepakati akan berlangsung untuk satu musim kompetisi  Liga 1 Tahun 2025/2026.

Ketiga klub tersebut dipilih menjadi mitra BTN karena memiliki potensi besar untuk pengembangan kerja sama dan berprestasi baik. 

Hadir dalam acara penandatanganan kerja sama tersebut,  direksi dan manajemen BTN beserta masing-masing pengurus ketiga klub sepakbola dan perwakilan pemain. Yakni Akbar Tanjung dan Muh. Mufli Hidayat dari PSM Makassar, M. Toha dari Persita Tangerang, dan Brandon Scheunemann dari Arema FC. 

Dalam sambutannya, Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, kerja sama sponsorship ini merupakan wujud komitmen BTN untuk mendukung pengembangan ekosistem olahraga Indonesia. Khususnya, sepak bola sebagai olahraga yang populer dan memiliki potensi bisnis yang sangat besar.

“Tidak bisa dipungkiri, mayoritas masyarakat Indonesia masih mencintai olahraga sepakbola. Sebab itu kami ingin berperan dalam pengembangan dunia sepakbola secara tidak langsung, yakni dalam bentuk sponsorship,“ katanya, Kamis (12/6). 


Dirut BTN Nixon LP Napitupulu (paling kiri) bersama wakil manajemen tiga klub, menunjukkan dokumen kerjasama usai ditandatangani, Kamis (12/6) --Istimewa

Nixon juga mengatakan, kerja sama sponsorship dengan tiga klub ini merupakan langkah awal bagi BTN masuk ke industri sepakbola Indonesia. “Jami akan melihat potensi apapun ke depannya, sebab BTN jika sudah masuk ke sebuah industri akan serius, seperti halnya di BTN Jakarta International Marathon (BTN JAKIM),” kata Nixon lagi.

Pada kesempatan yang sama, Rafiudin Razak selaku Direktur Operasional PSM Makassar mengatakan pihaknya memberikan apresiasi terhadap BTN atas kepercayaan dan dukungan sponsorship yang diberikan serta komitmen yang kuat untuk mengembangkan sepakbola Indonesia. “BTN dengan Bale by BTN Super Apps dan PSM Makassar punya nilai-nilai yang sejalan, dedikasi, semangat juang dan keberpihakan pada masyarakat. Dukungan ini akan memperkuat langkah kami dalam membangun tim yang solid, fasilitas yang lebih baik, serta pembinaan pemain muda yang lebih profesional,” ujar Rafiudin.

Sementara itu, Munif Bagaskara Wakid selaku Business Manager Arema FC mengatakan, kehadiran BTN sebagai main sponsor Arema tidak hanya sebagai dukungan finansial, tetapi juga sebagai bentuk kepercayaan besar. “Kami yakin, dengan kolaborasi yang kuat antara dunia usaha dan dunia olahraga, kita bisa melahirkan prestasi yang membanggakan bagi bangsa,” tukas Munif.

Senada dengan kedua klub lainnya, Commercial Director Persita Tangerang Evelyn Cathy mengatakan, dukungan sponsorship dari BTN akan sangat membantu berbagai kebutuhan klub, dalam hal ini Persita Tangerang mengingat persaingan yang semakin ketat di Liga 1 pada musim ini. “Semoga kolaborasi ini, melalui berbagai aktivasi event dan sebagainya dapat berjalan dengan lancar dan dapat membangun sinergi yang baik antara Persita dan BTN,” katanya.

BACA JUGA:Pengelolaan BUMD Kabupaten Malang Juga Raih Penghargaan Nasional

Peduli Kemajuan Sepakbola Nasional

Keputusan BTN untuk menjadi sponsor Arema FC, Persita Tangerang, dan PSM Makassar didasari atas kebutuhan untuk meningkatkan citra perseroan sebagai bank modern yang peduli dengan kemajuan olahraga nasional di mata para pencinta sepak bola Indonesia. Terlebih lagi, kompetisi Liga 1 Indonesia merupakan liga profesional tingkat pertama dalam sistem Liga Sepak Bola Indonesia, serta kompetisi resmi di bawah naungan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). 

“Dengan inisiatif strategis ini, diharapkan akan terbangun ekosistem bisnis yang akan menguntungkan baik BTN sebagai institusi perbankan maupun komunitas sepakbola nasional secara jangka panjang,” ujar Nixon.

Melalui kerja sama sponsorship tersebut, BTN berhak mendapatkan sejumlah manfaat dari branding placement untuk mendorong brand awareness Bale by BTN kepada komunitas sepak bola Indonesia. Sebagai contoh, BTN dapat menempatkan logo di berbagai aset milik ketiga klub yang disponsori, di antaranya yakni jersey pemain, LED perimeter lapangan, background untuk konferensi pers, tiket pertandingan, serta promosi melalui akun-akun media sosial milik klub-klub tersebut.

Kategori :