Hari Jadi ke-23 Kota Batu Juga Tawarkan Penghapusan Denda Pajak, Pangan Murah, dan Aksi Gizi Sehat

Kamis 03-10-2024,09:26 WIB
Editor : Agung Pamujo

KOTA BATU, DISWAYMALANG.COM-- Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Batu yang ingin rangkaian hari jadi ke-23 Kota Batu mendatangkan manfaat bagi seluruh warga Kota Batu ditunjukkan dengan menggelar program yang  bisa dirasakan langsung manfaatnya   oleh masyarakat. Selain gebyar diskon sebesar 23 persen yang diimbau diberikan oleh pihak pengelola hotel, restoran dan tempat wisata di Kota Batu, Pemkot Kota Batu juga menyiapkan beberapa program sendiri. 

Salah satunya adalah penghapusan atau pembebasan denda pajak daerah selama Oktober ini. Merujuk ke info yang dipublikasikan Pemkot Batu, program pembebasan denda pajak itu akan berlangsung satu bulan penuh, mulai 1-31 Oktober 2024. Sedangkan jenis pajak yang dendanya bisa dibebaskan adalah: 

- PBB P-2 - Pajak Barang dan Jasa Tertentu (PBJT) - Pajak Reklame - Pajak Air Tanah

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Mohammad Nur Adhim kepada media mengatakan, program pembebasan denda ini bisa dimanfaatka oleh warga masyarakat, termasuk pelaku usaha untuk menyelesaikan tagihan pajak yang belum terselesaikan. "(Ini) bentuk terima kasih kepada pelaku usaha yang berpartisipasi selama ini," katanya. 

Pangan Murah dan Aksi Bergizi 

Program pembebasan denda pajak itu secara resmi tercantum dalam dokumen Rangkaian Hari Jadi ke-23 Kota Batu. Selain itu, program sejenis yang disiapkan Pemkot Batu untuk warga masyarakat ada beberapa lagi. 

Antara lain, Gelar Operasi Pasar dan Pangan Murah. Program ini akan dilaksanakan pada 22-25 Oktober 2024 di tiga kecamatan. Lalu, juga ada Gebyar Layanan Posyandu, yang juga akan diadakan di tiga kecamatan, mulai tanggal 1-20 November 2024.  Lebih rinci, untuk Gebyar Layanan Posyandu ini akan dilakukan di 189 posyandu di tiga kecamatan tadi, dengan kegiatan antara lain digelar lomba antar posyandu yang nantinya berujung ke pemberian penghargaan kepada posyandu terbaik. 

Selanjutnya juga akan digelar Gerakan Aksi Bergizi Sehat Badanku Sehat Jiwaku. Kegiatan ini dijadwalkan pada 6-7 November 2024 di lima sekolah di Kota Batu. Bentuk kegiatannya antara lain, sarapan bersama, senam bersama, pemeriksaan kesehatan dan lomba video kreatif dengan tema kampanye hidup sehat. (*)

Kategori :