Peminat Membludak, Kuota Peserta UMM Autism Summit 2024 Ditambah

Senin 30-09-2024,16:55 WIB
Reporter : Belqis
Editor : Belqis

KOTA , DISWAYMALANG.COM- Antusiasme masyarakat terhadap isu autisme semakin meningkat. Hal ini terlihat dari membludaknya pendaftar konferensi tentang autisme dan anak berkebutuhan khusus (ABK), yaitu  UMM Autism Summit 2024

Awalnya, penyelenggara dari Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (Fapsi UMM) membuka pendaftaran untuk 500 peserta. Namun, sebelum berakhir batas pendaftaran, kuota 500 peserta event yang akan digelar di Kampus UMM pada 3-5 Oktober 2024  itu sudah terpenuhi. 

Di sisi lain, peminat yang ingin mendaftar UMM Autism Summit 2024. masih banyak. "Karena permintaan masih banyak akhirnya kami buka 50 slot lagi. Terus masih ada permintaan, jadi ini kami tambah 30 slot lagi. Dari 30 sudah terisi 18 jadi masih tersisa 12," kata Dr Siti Maimunah,  Waking Ketua Panitia  salah satu staf panitia kegiatan tersebut.UMM Autism Summit 2024.

Atis --panggilan Siti Maimunah-- tidak merinci tambahan peserta itu dari Indonesia atau mancanegara. Namun, sejauh ini ada beberapa.peserta dari luar negeri yang  sudah mendaftar jadi peserta konferensi internasional yang menghadirkan pembicara dari empat negara ini.

BACA JUGA:Peserta dari Luar Negeri Mulai Daftar UMM Autism Summit di Malang

Dukungan terhadap ABK

UMM Autism Summit 2024 sendiri diselenggarakan sebagai bentuk dukungan  Fapsi UMM  terhadap ABK dan isu autisme. Selain  konferensi  internasional, juga ada kegiatan lain seperti workshop, talk show, ekspo, dan bazar.

Salah satu daya tarik utama dari UMM Autism Summit 2024 adalah kehadiran para ahli dan tokoh inspiratif dari dalam dan luar negeri. Mereka akan berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai berbagai aspek autisme, mulai dari diagnosis hingga intervensi. Selain itu, peserta juga akan berkesempatan untuk bertemu dengan hadir tokoh-tokoh inspiratif dan pegiat austisme dan/atau individu berkebutuhan khusus (IBK) yang akan akan berbagai pengalaman dan pengetahuan, dalam agenda talk show. 

Selain itu, juga akan ada  bazaar dan ekspo. Untuk bazaar, akan ada beberapa booth yang menjual makanan. Sedangkan booth lain akan menawarkan produk-produk organik, hasil seni, dan informasi-informasi mengenai layanan psikologi dan individu berkebutuhan khusus dan bantuan hukum bagi masyarakat disabilitas. Beberapa pengisi booth  juga melibatkan individu berkebutuhan khusus, misal, dalam menjual makanan dan hasil karya. 

Sedangkan untuk ekspo, akan diisi oleh beberapa  pusat terapi autisme. Seperti,  Malang Autism Centre, Rumah Tabinda Malang, dan Pusat Layanan Tumbuh Kembang dan Anak Berkebutuhan Khusus UMM. Melalui ekspo ini,  peserta yang hadir di acara UMM Autism Summit dapat melihat peragaan terapi / kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing pusat terapi. Selain itu, akan ada beberapa pusat terapi dan layanan psikologi yang membuka sesi konsultasi. (*)

 

 

 

 

Kategori :